Training Pengelolaan Higiene Sanitasi Makanan Sertifikasi BNSP

Rantai pasok produk segar dan pengolahan makanan siap santap (seperti: Catering, Restaurant, Cafe, kantin Rumah Makan dan sejenisnya). Segala bentuk aktifitas yang di lakukan dalam sebuah proses di mana melibatkan karyawan, mempunyai dan berpotensi menciptakan bahaya-bahaya baik  yang bersumber dari bahan baku, cara pengolahan, peralatan yang digunakan dan sumber daya manusia yang terlibat di dalamnya. Tentunya hal ini mendorong semua pihak yang mempunyai kepentingan dalam sebuah rantai pasok produk segar/pengolahan makanan untuk menciptakan image “BERSIH dan SEHAT“ pada semua produk yang dihasilkan.

Selain itu juga tantangan berat lain nya, dengan banyak terjadinya insiden kecelakaan pangan (keracunan makanan) yang kerap kali terjadi di industry pengolahan makanan baik di negara maju ataupun berkembang, sekalipun menjadi tanggung jawab utama bagi para pelaku bisnis untuk memberikan jaminan tersendiri dari produk-produk yang dihasilkan, salah satunya adalah dengan menerapkan standard prinsip food hygiene dalam proses pengolahan hingga penyajian olahan makanan yang di sediakan.

Karena hal tersebut di atas banyak melibatkan masyarakat umum, dan terkait dengan hal ini khususnya pemerintah Indonesia melalui Kementrian Kesehatan pun ikut ambil bagian dalam mengendalikan hal tersebut. Melalui Surat Keputusan No.715/MENKES/SK/V/2003 tentang Persyaratan Hygiene dan Sanitasi Jasa Boga dan No.1098/MENKES/SK/VII/2003, kini bagi para pelaku bisnis/pengelola industry makanan wajib menerapkan Hygiene dan Sanitasi bagi restaurant, rumah makan, catering, cafe dan sejenisnya.

BMD Training Centre– sebagai pusat Pelatihan Pengelolaan Higiene dan Sanitasi yang memiliki lisensi sebagai TUK (Tempat Uji Kompetensi) dimulai dari pembekalan kompetensi melalui pelatihan dan ujian sertifikasi bermaksud menyelenggaraan program Pelatihan Pengelolaan Higiene dan Sanitasi yang sangat direkomendasikan di ikuti Adalah : store area manager, dept. k3 perusahaan catering, dept. hse perusahaan, chef, koki, pelayan restoran, GA Dept, pengelolah rumah makan/cafe, dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak dalam industri jasa boga di perusahaan/institusi dalam rangka menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman.

MAKSUD DAN TUJUAN

Unit kompetensi yang diujikan mengacu pada SKKNI No. 618 Tahun 2016 tentang penetapan SKKNI Kategori Industri Pengolahan Golongan Pokok Industri Makanan Bidang Keamanan Pangan mencangkup :

  • Melaksanakan Program dan Prosedur Keamanan Pangan
  • Melakukan Praktek Penanganan Pangan Yang Aman
  • Menganalisis Bahaya Keamanan Pangan
  • Melakukan Pelatihan Keamanan Pangan
  • Melakukan Kebersihan Diri dan Lingkungan dalam Pengelolaan Jasa Usaha Makanan Berdasarkan Prinsip Hygiene Sanitasi

Sumber : https://www.sertifikasibnsp.id/training-pengelolaan-higiene-sanitasi-makanan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *