Sosialisasi Sanitasi untuk Cegah Penyakit Pasca Banjir dan Virus Corona


                BLEMBA 25 dan Sinergi Foundation lakukan sosialisasi kesehatan dan sanitasi. ©2020 Merdeka.com
sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam BLEMBA 25, bekerja sama dengan Sinergi Foundation, melakukan sosialisasi kesehatan dan sanitasi, termasuk cara mencuci tangan dan menyikat gigi yang benar serta pemilahan sampah, kepada tiga ratusan siswa-siswi SDN Kebon Manggis 08 Pagi

Indonesia menjadi salah satu negara yang terjangkit virus Corona Covid-19. Namun, penyebaran virus ini bisa diminimalisir melalui aktivitas kesehatan sederhana seperti mencuci tangan dan mengurangi memegang area wajah.

Sebelum Corona, kebersihan Indonesia juga ditantang dengan adanya banjir di sejumlah wilayah. Oleh karenanya, sanitasi menjadi kebutuhan penting.

Untuk itu, sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam BLEMBA 25, bekerja sama dengan Sinergi Foundation, melakukan sosialisasi kesehatan dan sanitasi, termasuk cara mencuci tangan dan menyikat gigi yang benar serta pemilahan sampah, kepada tiga ratusan siswa-siswi SDN Kebon Manggis 08 Pagi, Sabtu (7/3) dalam acara BLEMBA 25 BISA: Berbagi Inspirasi Bagi Indonesia.

Ketua Panitia BLEMBA 25 BISA, Meily Priliani mengatakan, anak-anak perlu diperkenalkan dengan kebiasaan hidup sehat dan bersih sejak dini, terutama menyikapi situasi pasca banjir Jakarta dan meluasnya virus corona.

“Terlebih, berdasarkan Riskesdas 2018, prevalensi gigi berlubang pada anak usia dini masih sangat tinggi yaitu 93 persen,” katanya.

Dia juga mengatakan, aktivitas ini
bentuk dukungan BLEMBA 25 dan Sinergi Foundation terhadap agenda prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo, soal meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM adalah dengan menjaga kesehatan.

Menyaksikan hal ini, Kepala Sekolah SDN Kebon Manggis 08, Marrifah, mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Acara ini memberi wawasan bagi para siswa, betapa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan. Semoga kegiatan serupa dilakukan pihak lain dan dapat bermanfaat bagi warga yang lebih luas,” katanya.

Dirinya berharap murid sekolahnya menjadikan kebersihan sebagai salah satu aktivitas harian untuk menjadi lebih baik ke depannya.

“Saya sepakat dengan sebuah ungkapan Latin yang menyatakan, mens sana in corpore sano: di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat,” tuntasnya.

Untuk informasi, BLEMBA 25 juga menggelar kelas inspiratif yang memberi motivasi dan sejumlah pelatihan bagi guru dan murid.

Mereka juga memberikan donasi kebutuhan sehari-hari maupun perlengkapan kesehatan termasuk sikat gigi dan odol, dan lainnya. Dalam melaksanakan kelas inspiratif dan penyaluran donasi, BLEMBA 25 bekerja sama dengan Sinergi Foundation.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *