Sanitasi Lingkungan Untuk Kesehatan Keluarga, Sangat Penting

Sanitasi lingkungan menjadi faktor lingkungan yang dikaitkan dengan promosi kebersihan dan pencegahan penyakit serta konsekuensi kesehatan buruk lainnya.

Sebagai orang tua, tentunya memiliki tanggung jawab terhadap seluruh anggota keluarga, mulai dari nutrisi yang dikonsumsi, memberi dukungan emosional, dan memastikan seluruh anggota keluarga aman dan sehat.

Lalu, apa pentingnya sanitasi lingkungan untuk kesehatan keluarga?

1. Untuk melindungi keluarga dari penyakit

Ada begitu banyak hal yang kita anggap remeh dan kesehatan kita menjadi salah satunya. Menurut statistik global, kurangnya sanitasi lingkungan seperti air dan nutrisi membunuh banyak orang di negara berkembang.

Sanitasi lingkungan

Situasi kita mungkin tidak separah itu. Namun, ada banyak contoh di mana kita juga menghadapi efek kurangnya sanitasi lingkungan atau kebersihan dalam hidup kita. Padahal, sanitasi lingkungan dapat mendukung kesehatan keluarga.

Kurangnya kebersihan diri menyebabkan infeksi kulit di mana ini bisa saja menular pada anggota keluarga lain. Mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri berbahaya juga menjadi salah satu penyebab utama infeksi cacing.

Selain itu, seseorang yang tinggal di rumah yang kotor dapat menderita asma, serta dapat mengalami infeksi mikroba dari kuman yang tumbuh di kamar mandi dan dapur. 

2. Menjaga kesehatan mental

Perlu Anda tahu bila ada faktor lingkungan yang berdampak pada agen infeksi dan penularan penyakit.

Ini termasuk pembuangan kotoran manusia, saluran comberan, limbah rumah tangga dan limbah lain yang kemungkinan mengandung agen infeksius, drainase air, pasokan rumah tangga dan housing.

Sanitasi lingkungan

Ini artinya, menjaga kesehatan dan sanitasi lingkungan memainkan peranan penting dalam memelihara kesehatan mental keluarga. Peneliti telah lama mengaitkan stres mental dan kecemasan dengan lingkungan yang berantakan.

Kesehatan mental juga sejalan dengan kesehatan fisik, di mana masing-masing akan selalu berdampak pada satu sama lain. Tubuh yang sehat akan memelihara pikiran sehat dan yang sebaliknya juga berlaku.

3. Meningkatkan self-image diri self-confidence

Sanitasi lingkungan

Peran sebagai orang tua memberi Anda hak untuk membangun karakter dan memperkuat persepsi anak tentang diri mereka sendiri.

Dengan memastikan rumah, nutrisi dan lifestyle yang bersih dan membimbing anak-anak untuk menjaga kebersihan diri, Anda pun telah berhasil memberdayakan anak untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Hasilnya, self-image dan rasa percaya diri pun akan meningkat. 

4. Meningkatkan fokus dan produktivitas

Selain bermanfaat untuk kesehatan keluarga, pengaruh sanitasi lingkungan yang baik juga berdampak pada meningkatkan tingkat fokus dan produktivitas. Dengan kata lain, menyediakan lingkungan yang optimal bagi keluarga, baik fisik dan mental akan membantu anggota keluarga untuk tumbuh.

Mereka akan tumbuh sebagai individu seimbang yang berusaha untuk mencapai versi terbaik dari diri mereka sendiri.

Selain itu, seseorang yang tumbuh di lingkungan bersih dan baik cenderung lebih dapat fokus pada pekerjaan atau studi mereka tanpa gangguan atau batasan apapun.

Akibatnya, produktivitas individu akan meningkat dan ini memungkinkan mereka untuk mencapai lebih banyak pertumbuhan dan kesuksesan.

5. Memberi kualitas hidup yang lebih baik

Sanitasi lingkungan

Dengan menjaga sanitasi lingkungan yang layak dan memastikan kebersihan diri dan lingkungan, ini berarti kamu sedang menciptakan lingkungan yang sempurna untuk keluarga.

Anda dapat memaksimalkan kondisi kehidupan dan dengan melakukan itu berarti Anda memberi kualitas hidup yang lebih baik.

Kualitas hidup yang Anda beri dapat diukur dengan kurangnya penyakit, kurangnya masalah psikologi dan pertumbuhan anggota keluarga yang alami saat hidup di bawah atap yang sama.

Sebagai orang tua, Anda dianggap sebagai pengasuh seluruh anggota keluarga. Merawat mereka datang dalam berbagai tingkatan, tetapi menyediakan kualitas sanitasi lingkungan dan kesehatan yang baik seharusnya ada pada urutan teratas.

Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, itu berarti Anda melindungi keluarga dari penyakit dan kondisi kesehatan yang buruk. 

Dengan tahu pentingnya sanitasi lingkungan yang bisa berdampak pada kesehatan keluarga, sudah semestinya kamu menjalani lifestyle yang sehat, di mana kebersihan dan kerapihan rumah selalu dijaga.Dengan begitu, masalah kesehatan atau penyakit tertentu tidak akan mengganggu kesehatan keluarga.

Dan salah satu area rumah yang wajib selalu dijaga kebersihannya adalah lantai. Lantai yang bersih akan membuat seluruh anggota keluarga bebas bergerak dan bermain di atasnya. Anda bisa memilih lantai vinyl dari Balian Flooring.

Balian Flooring merupakan lantai vinyl PERTAMA di Indonesia yang memiliki lapisan Bio Armor. Lapisan ini dapat membunuh bakteri di atas permukaan lantai hingga 99,9% dan telah lolos uji klinis by SGS International Test.

Jika Anda tertarik untuk mengganti lantai Anda dengan Balian Flooring dan ingin mendapatkan info lengkap seputar produk, silakan klik di sini.

Sumber : https://balianflooring.id/sanitasi-lingkungan/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *