“Sanitasi Kunci Dasar Untuk Hidup Sehat

Pj Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana, ingatkan pentingnya kesadaran masyarakat akan sanitasi bagi kesehatan. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berlangsung di Balai Kalurahan Banaran, Galur, Kamis (2/6/2022).

Tri mengatakan perilaku sanitasi masyarakat yang tidak benar sangat berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat itu sendiri.

“Dulu kita itu kalo BAB sembarangan, di kebun atau sungai, itu adalah perilaku tidak sehat dimasa lalu. Dan tentu sekarang ini sudah tidak ada, sanitasi harus kita tingkatkan,” kata Tri.

Lebih lanjut Tri mengatakan bahwa sanitasi tidak sekedar urusan BAB, namun juga mencakup sampai dengan penanganan dan pengamanan limbah sanitasi itu sendiri.

Dengan penanganan dan pengamanan limbah sanitasi yang sesuai prosedur diharapkan tidak mencemari lingkungan tempat tinggal yang nantinya juga berdampak baik bagi terciptanya lingkungan yang sehat.

Walau sudah buang air di toilet, pertama harus kita pikirkan kemana ini (limbah) mengalir apakah benar masuk ke septic tank atau ke got. Mari kita teliti lagi di lingkungan lagi.

Kedua kita teliti lagi apakah septic tank sudah sesuai dengan prosedur, kedap air, resapan minimal 10 m dari sumur dan lain-lain.

“Harus kita perhatikan juga jarak dengan tetngga agar tidak mengganggu, karena hal ini bila tidak benar akan mengganggu kesehatan, bisa juga menjadi penyebab stunting,” terang Tri.

Tri berharap pelaksanaan STBM di Kapanewon Galur ini bisa semakin baik dengan mengacu pada Kepmenkes No. 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang Strategi Nasional STBM, yang telah diperbaharui dengan Permenkes nomor 3 tahun 2014 tentang STBM, dengan pola pendekatan untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

“Sanitasi ini kunci dasar untuk hidup sehat. Karena tubuh kita lebih dari 75 persen adalah air dan kebutuhan hidup kita juga dari air jadi penting sekali untuk selalu menjaga STBM ini. Dan saya titip kepada fasilitator untuk lebih teliti dan aktif mengingatkan masyarakat untuk pentingnya menjaga sanitasi,” imbuh Tri.

Sementara Panewu Galur Sunarya menjelaskan bahwa Deklarasi STBM ini dilakukan oleh dua kalurahan, yaitu Kalurahan Baranaran dan Kalurahan Nomporejo yang salah satu tujuannya utamanya menciptakan masyarakat yang sehat dan bebas stunting.

Sumber : https://infopublik.id/kategori/nusantara/637032/sanitasi-kunci-dasar-untuk-hidup-sehat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *