Sanitarian Puskesmas Purbalingga Uji Kelayakan Air Minum Rutan Purbalingga

Salah satu fasilitas yang memiliki peranan penting di dalam rumah tahanan negara (rutan) adalah kebutuhan air bersih. Maka dari itu guna mewujudkan hal tersebut, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purbalingga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga mengagendakan serangkaian program.

Kegiatan ini dimulai dengan datangnya 2 (dua) Sanitarian dari Puskesmas Purbalingga untuk menguji kadar layak air minum di Rutan Purbalingga, Rabu (16/1). Sampel air minum dibawa ke Laboratorium Kesehatan Kabupaten Purbalingga untuk dilakukan uji kadar kelayakan, uji kimia, dan lainnya sebelum nantinya diketahui apakah air minum layak dikonsumsi atau tidak.

Plt. Kepala Rutan Purbalingga, Bluri Wijaksono, mengatakan kerja sama ini merupakan bentuk keseriusan Rutan Purbalingga dalam mewujudkan pelayanan yang prima kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Kami ingin pastikan kebutuhan air minum seluruh WBP terpenuhi. Bukan saja terpenuhi, tetapi layak dikonsumsi. Sebelum dikonsumsi, kami mintakan untuk uji kelayakan dengan mengambil sampel air yang dihasilkan oleh depot di Rutan Purbalingga. Sampel tersebut nantinya diuji Puskesmas Purbalingga, lalu akan disampaikan hasilnya kepada kami. Mudah-mudahan hasilnya cepat dan layak dikonsumsi,” harap Bluri.

WhatsApp Image 2021 06 16 at 11.32.53 AM

Senada dengan Plt. Karutan, Resti Mugiarti selaku salah satu Sanitarian dari Puskesmas Purbalingga menyampaikan selama ini kerja sama kedua pihak sudah terjalin baik dan pihaknya terus sinergi dalam mendukung peningkatan layanan di Rutan. “Kalau ada depo hasil dari olahan air tanah/sumur, penting sekali diuji air minumnya sebelum dikonsumsi karena ada standar kelayakannya, berbahaya atau tidak serta memenuhi standar atau tidak. Kalau secara kasat mata tadi airnya putih, tidak berbau, dan bersih”, pungkas Resti.

Resti merekomendasikan agar filter air selalu dicek sesuai besarnya tingkat pemakaian dan diganti secara berkala serta kebersihan lingkungan depo juga perlu ditingkatkan. Selain meguji kelayakan kadar air, Sanitarian juga melakukan pengecekan terhadap pencahayaan, kelembapan udara, suhu dan tingkat kebisingan di Dapur Rutan Purbalingga. Sebagai informasi, Dapur Rutan Purbalingga telah memperoleh sertifikat laik hygiene dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga.

Sumber : https://rutanpurbalingga.kemenkumham.go.id/hubungi-kami?view=article&id=476

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *