Ratusan Keluarga di Ciracas Buang Tinja ke Kali, Pengamat: Sanitasi Belum Dimiliki Warga Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna mengatakan, kasus ratusan keluarga di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, yang buang tinja langsung ke kali semakin menunjukkan buruknya tata kelola sanitasi di DKI Jakarta. “Kasus di Ciracas ini menunjukkan bahwa sanitasi belum dimiliki oleh warga Jakarta,” kata Yayat saat dihubungi, Kamis (18/11/2021). Yayat menambahkan, kasus serupa juga pernah terjadi di Kali Item, kawasan Wisma Atlet.

“Itu nggak hanya terjadi di Ciracas, tetapi pernah terjadi juga di Kali Item dan daerah lainnya,” ujar Yayat. Baca juga: 554 Keluarga di Ciracas Belum Punya Septic Tank, Tinja Langsung Dibuang ke Kali Yayat menyebutkan, warga membuang tinja langsung ke kali karena struktur dan lingkungan yang membentuk hal tersebut. “Karena perkampungan kumuh sekarang itu memang sudah padat. Mereka membuat septic tank aja susah,” ujar Yayat. “Minim air bersih, minim MCK (mandi cuci kakus), sehingga mereka dipaksa untuk ke sana,” kata dia.

Yayat mengusulkan agar dibangun WC komunal di kawasan Ciracas itu. “Dibatasi, ya satu MCK buat lima keluarga. Terus bagaimana air bersihnya. Untuk apa ada MCK, kalau airnya nggak ada. Terus nanti pengelolaannya bagaimana,” kata Yayat. Sanitasi Buruk di Tengah Gemerlap Jakarta, Warga Buang Tinja ke Kali Data terbaru, ada 554 keluarga di wilayah Ciracas yang belum memiliki tangki septik. Mereka yang tidak memiliki tangki septik itu membuang kotoran atau tinja langsung ke kali. Tinja dialirkan melalui pipa-pipa ke kali.

“Masih sekitar 544 keluarga yang belum punya septic tank. Jamban di atas kali (WC helikopter) sudah enggak ada. Jambannya di dalam rumah,” kata Camat Ciracas, Mamad, Rabu (17/11/2021). Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : https://megapolitan.kompas.com/read/2021/11/18/13085321/ratusan-keluarga-di-ciracas-buang-tinja-ke-kali-pengamat-sanitasi-belum

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *