Program Pamsimas III Berakhir 2021, Begini Rencana Pemerintah Selanjutnya

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III akan berakhir pada Desember 2021. Mengingat program ini sebelumnya berjalan atas kerja sama Pemerintah dengan biaya berupa pinjaman dari Bank Dunia. Meski begitu, hal ini patutnya tidak menjadi alasan dan hambatan untuk tetap menjaga keberlanjutan Program Pamsimas. Sebab, ketersediaan air minum dan sanitasi merupakan sarana dasar yang penting bagi kehidupan masyarakat.

Khususnya kesehatan. Baca juga: Basuki Tegaskan, Tugas Pemerintah Mencarikan Air Minum, Bukan Membuat Proyek Menanggapi hal ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta komitmen dari seluruh stakeholder pemerintahan tidak terpengaruh dengan sumber dana. Sebab, meskipun memperoleh sumber dana dari Bank Dunia, bagaimanapun itu tetap termasuk dalam cakupan APBN.

“Jadi jangan bilang Bank Dunia habis, terus Pamsimas-nya habis, saya kira itu jiwa-jiwa kerdil. Maunya di-giuide seperti itu,” ujar Basuki dalam Rakornas Pamsimas III Tahun 2021 secara virtual, Kamis (25/11/2021). Sementara itu, Plt Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Sugeng Haryono menambahkan, walaupun Bank Dunia sudah tidak dalam kerangka program Pamsimas, itu hanya sebatas sumber pendanaan.

“Saya pikir APBN dengan APBD kita sanggup untuk mengambil-alih dan melanjutkan program baik seperti ini,” tuturnya. Hal senada juga disampaikan Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa dan PDTT Sugito.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *