PMI Kota Sukabumi Ikuti Latgab WASH: Tingkatkan Pelayanan Air dan Sanitasi Darurat Saat Bencana

SUMEDANG, RADAR SUKABUMI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi mengikuti latihan gabungan (latgab) Spesialisasi Water Sanitantion and Hygiene (WASH) yang diselenggarakan oleh PMI Pusat. Kegiatan tersebut dipusatkan di Pusdiklat Pusat Air dan Sanitasi PMI Pusat, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu hingga Minggu (22-23/10).

Pengurus PMI Kota Sukabumi bidang Pengembangan Sumber Daya Ahmad Fawzy mengatakan, latgab WASH diikuti oleh sejumlah PMI kabupaten/kota di Jawa Barat. “Ada dari PMI Kota Bekasi, PMI Kabupaten Bekasi, PMI Kabupaten Cianjur, PMI Kabupaten Karawng dan kami dari PMI Kota Sukabumi,” kata Fawzy.

Fawzy menjelaskan, latgab WASH sangat penting dilakukan. Sebab ketika terjadi bencana alam, maka salah satu yang dibutuhkan adalah air, sanitasi dan higienitas.

“Sebenarnya soal pelayanan WASH ini sudah kami lakukan. Semisal ketika terjadi bencana banjir bandang di Kampung Tugu, Baros, PMI hadir dengan mengerahkan armada tangki air. Kami memberikan pelayanan pendistribusian air bersih kepada warga korban dan relawan di posko,” ujar Fawzy.

Menurut Fawzy, latgab WASH bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme, kapasitas dan kapabilitas sumber daya menusia (SDM) di PMI kota/kabupaten dalam hal perencanaan, pengawasan, pelaksaan dan evaluasi. Termasuk pemahaman terbaru tentang pelayanan WASH.

“Kami harapkan dengan hadir dan terlibatnya relawan PMI dalam pelatihan WASH ini, bisa memperkuat SDM kami terutama dalam pelayanan air dan sanitasi darurat yang higine pada saat terjadi bencana,” pungkasnya. 

Sumber : https://radarsukabumi.com/kota-sukabumi/pmi-kota-sukabumi-ikuti-latgab-wash-tingkatkan-pelayanan-air-dan-sanitasi-darurat-saat-bencana/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *