Pengertian Sanitasi dan 5 Manfaat Bagi Kehidupan

Sebagai masyarakat yang baik, Anda harus turut menjaga kondisi lingkungan dengan baik. Menjaga lingkungan sekitar merupakan sebuah kegiatan yang perlu dilakukan secara rutin untuk menghasilkan sebuah lingkungan tempat tinggal dengan sanitasi yang baik. Perlu diperhatikan bahwa apabila sanitasi dari lingkungan tempat tinggal Anda tidak terjaga dengan baik maka bisa mengakibatkan banyak sekali masalah, terutama masalah kesehatan di kemudian hari.

Supaya Anda bisa lebih paham tentang masalah sanitasi dan beberapa manfaatnya bagi lingkungan, maka artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Apa itu Sanitasi?
  2. Jenis-Jenis Sanitasi dan Manfaatnya
    1. Jenis-Jenis Sanitasi
    2. Manfaat Sanitasi
  3. Dampak Sanitasi yang Buruk di Lingkungan Rumah
  4. Ruang Lingkup Sanitasi Lingkungan
  5. Contoh Nyata Penerapan Sanitasi Lingkungan Termasuk di Rumah
    1. Membuat dan Menjaga Kebersihan Saluran Air
    2. Memisahkan Sampah dan Limbah Rumah Tangga
    3. Secara Rutin Melakukan Fogging atau Penyemprotan Nyamuk Demam Berdarah
Tips Aman Cicil Rumah Langsung ke Pengembang
Tips Aman Cicil Rumah Langsung ke Pengembang

Membeli Rumah, Ruko dan Properti Lainnya

1. Apa itu Sanitasi?

 Kebersihan kali dan sungai akan sangat mempengaruhi kondisi lingkungan. (Foto: Pexels - Denniz Futalan)
Kebersihan kali dan sungai akan sangat mempengaruhi kondisi lingkungan. (Foto: Pexels – Denniz Futalan)

Kebersihan kali dan sungai akan sangat mempengaruhi kondisi lingkungan. (Foto: Pexels – Denniz Futalan)

Apakah Anda memiliki rencana untuk membeli sebuah hunian dalam waktu dekat? Pastikan terlebih dahulu bahwa lingkungan sekitar di perumahan yang hendak Anda beli memiliki kondisi kebersihan yang terjaga. Sebuah hunian dengan sanitasi yang baik tentu akan membuat Anda dan keluarga bisa tinggal dengan nyaman dan berada dalam kondisi yang menyehatkan. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan sanitasi itu?

Secara umum, makna dari sanitasi adalah suatu bentuk usaha manusia untuk menjamin agar kondisi lingkungan lebih sehat. Hal tersebut berlaku untuk lingkungan tanah, fisik, air, dan juga udara. Kondisi tersebut meliputi persediaan air minum bersih dan tempat pembuangan limbah. Dengan adanya sanitasi yang baik dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit karena bisa mengontrol faktor lingkungan fisik yang berkaitan dengan penularan rantai penyakit.

Sumber : https://id.berita.yahoo.com/pengertian-sanitasi-dan-5-manfaat-222013144.html?guccounter=1&guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_sig=AQAAALpmkmbrXxTAzrA8peOAsXX1NlUnHkDlaga6pQ4hXSDMbkYI58AcfnANX_Gm5hXueBGxDXosJf_ETs0gOSt13wH8IYkwn5WTiYOb2cJ8-mfuAFhjDJSCakUf-rtvjrTfDs4-e3S3Cj_V9KV0VDmCjWJhzRXTi3vJji7lcyhqLv_j

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *