Pemprov DKI Revitalisasi Tangki Septik Guna Tingkatkan Kualitas Sanitasi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berkomitmen meningkatkan kualitas sanitasi. Dalam hal ini Pemprov DKI dibantu oleh PD PAL Jaya dan Dinas Sumber Daya Air (SDA).

Kerjasama tersebut menghasilkan komitmen bersama untuk membangun sejumlah sarana prasana pengolahan air limbah dan tangki septik rumah tangga, untuk sanitasi Jakarta yang lebih sehat. Ditargetkan pada tahun 2021 ribuan lokasi akan dibangun tangki septik. 

“Di tahun 2021 ini, Pemprov DKI Jakarta akan membangun 2000 lokasi tangki septik seseuai standar teknis secara bertahap melalui PD PAL Jaya dan Dinas SDA selaku verifikator,” tulis akun Instagram @dkijakarta, Minggu (12/9/2021). 

Pemprov DKI memaparkan bahwa tangki septik rumah tangga di Jakarta umumnya tidak kedap, tidak sesuai standar, bisa mencemari lingkungan dan air tanah. Sebab, kualitas air permukaan dan air tanah mempengaruhi kesehatan diri masing-masing. 

Revitalisasi sanitasi dapat mencegah penyakit yang bersumber dan berkembang melalui air seperti diare, muntaber, dan leptospirosis. 

Sesuai dengan Pergub No. 9 Tahun 2020 tentang Revitalisasi Tangki Septik Rumah Tangga (revisi Pergub sedang dalam proses pengesahan di Kementerian Dalam Negeri). Adapun penerima subsidi diantaranya yaitu belum punya tangki septik di rumahnya, punya tangki septik tapi tidak kedap atau rawan bocor, tinggal di pemukiman kumuh, didaerah rawan rob, rentan penyakit diare, bermuka air tanah tinggi, air tanahnya tercemar bakteri e-coli. 

“Tahun 2020 tangki septik terpasang di 441 lokasi, Tahun 2021 target 2.000 lokasi secara bertahap, dan Tahun 2022 target 5.000 lokasi secara bertahap,” tulis di Infografis. 

Adapun standar tangki septik yang bener meliputi ukuran harus sesuai standar hanya tersambung dengan kloset, standarnya memiliki dua tampuntan sehingga air keluarannya aman bagi lingkungan, dan penyedotan dilakukan dua atau tiga tahun sekali untuk dibawa kepengolahan lanjutan. 

“Pal Jaya meningkatkan layanan laboratorium untuk memeriksa kualitas air limbah domestik melalui sertifikasi KAN (ISO 17025:2017), menambah 13 parameter uji kualitas air limbah dan pendaftaran pemeriksaan air limbah secara online,” terangnya. 

Sebagai informasi, mulai 27 Januari 2021 kita bisa mendaftar untuk pemeriksaan air limbah secara online di laboratorium PD PAL Jaya melalui http://simlab-pdpal.pasolusi.com atau www.paljaya.com (telah terintegrasi dengan website simlab). (NDA)

Sumber : https://www.idxchannel.com/economics/pemprov-dki-revitalisasi-tangki-septik-guna-tingkatkan-kualitas-sanitasi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *