Pemkab Situbondo Segera Bangun 660 Jamban dan 942 Rumah Layak Huni

Pemkab Situbondo akan membangun 660 unit jamban keluarga dan 942 rumah layak huni selama tahun 2022. Fasilitas tersebut akan diperuntukan bagi keluarga yang masuk katagori kemiskinan ekstrim yang tersebar di 74 desa di 14 kecamatan di Situbondo.

Nah, untuk kepentingan suksesnya program tersebut, Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, M.M bersama Wakil Bupati, Nyai Hj Khaironi Kamis (2/5) kemarin, menghadiri acara Sosialisasi Program Bikin Rumah Layak Huni (Birulah) dan Pembangunan Jamban Keluarga. Kegiatan tersebut berlangsung di Area Pelabuhan Besuki, Desa Pesisir, Kecamatan Besuki.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karna Suswandi menegaskan, penerima bantuan Program ‘Birulah’ dan pembangunan Jamban Keluarga harus tepat sasaran. Yakni keluarga yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem. “Untuk itu harus benar-benar diperhatikan. Jadi jangan sampai salah sasaran. Prioritaskan yang benar-benar membutuhkan,” ucapnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, anggaran program ‘Birulah’ dan pembangunan Jamban Keluarga bersumber dari APBD tahun 2022. “Yakni dari dana alokasi umum (DAU) Pemkab Situbondo,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pemukiman (DPUPP) Situbondo, Ferry Herlambang mengungkapkan, tahun 2022 ada 660 unit jamban keluarga dan 942 rumah layak huni yang akan dibangun Pemerintah Kabupaten Situbondo. “Itu kita peruntukan bagi keluarga yang masuk katagori kemiskinan ekstrem yang tersebar di 74 desa di 14 kecamatan di Situbondo,” bebernya.

Ferry menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Situbondo akan terus meningkatkan jumlah keluarga penerima bantuan program ‘Birulah’ dan pembangunan jamban keluarga di tahun yang akan datang. “Karena target dari pemerintah pusat pada tahun 2024 kemiskinan ekstrem harus sudah tidak ada,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M. Wabup Nyai Hj. Khoirani, S.Pd., M.H. Ketua TP-PKK Hj Juma’ati Karna Suswandi, Kasi. Intel Kejari Situbondo Laofika Ananta, S.H., perwakilan Polres Situbondo, jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo, Forkopimka Besuki, dan para Kepala Desa se Kabupaten Situbondo.

Jamban : https://radarbanyuwangi.jawapos.com/politik-pemerintahan/04/06/2022/pemkab-situbondo-segera-bangun-660-jamban-dan-942-rumah-layak-huni/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *