Pemilihan Duta Sanitasi Sekolah Sebagai Upaya Mengkampanyekan PHBS

Sanitasi sekolah adalah syarat kesehatan lingkungan minimal yang harus dipunyai oleh setiap sekolah untuk memenuhi kebutuhan siswa dan siswi. Ruang lingkup sanitasi yakni sarana penyediaan air bersih, sarana jamban, sarana pembuangan sampah, dan sarana pembuangan air limbah. Sebagai salah satu sekolah yang terpilih untuk melaksanakan sanitasi SMP Negeri 5 Tasikmalaya mengkampanyekan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui pemilihan duta sanitasi sekolah.

Pemilihan duta sanitasi ini dilakukan melalui lomba membuat video sanitasi yang diikuti oleh perwakilan dari setiap kelas baik dari kelas 7,8 maupun 9. Peserta didik yang menjadi duta sanitasi, nantinya berperan mengkampanyekan tentang perilaku hidup bersih dan sehat, serta mampu menjadi duta sanitasi baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat, sehingga muncul kesadaran tentang pentingnya sanitasi.

Berdasarkan hasil lomba terpilih 3 orang peserta didik yang menjadi duta sanitasi. Peserta didik tersebut diantarany Siva Damayanti dari kelas 9-E, Najwaa Nurul Setiawati dari kelas 8-J serta Marelda Hasanah Azka dari kelas 7-E. Duta sanitasi terpilih mendapat hadiah berupa piala dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Ibu Kepala SMPN 5 Tasikmalaya yakni, Hj. Yuyun Siti Noorhaesih, M.Pd. Dengan adanya kegiatan ini Sekoah berharap kegiatan tersebut mampu mengedukasi para generasi kita sejak dini mengenai bagaimana pentingnya sanitasi, karena sangat berpengaruh bagi kecerdasan para generasi kita dimasa yang akan datang.

Sumber : http://smpn5tasikmalaya.sch.id/2021/09/25/pemilihan-duta-sanitasi-sekolah-sebagai-upaya-mengkampanyekan-phbs/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *