Pembangunan Sanitasi Layak di Setu Dilakukan di Tiga Kelurahan pada Tahun Ini

Camat Setu Erwin Gemala Putra menargetkan akan secara masif membangun sistem sanitasi yang layak bagi warganya. Pembangunan secara besar-besaran itu ditargetkan rampung pada tahun 2026 mendatang. Hal ini dilakukan karena Kota Tangerang Selatan nantinya akan menjadi tuan rumah Forum Kota Sehat pada 2026. Untuk permulaan, Erwin ingin fokus menyediakan sistem sanitasi yang layak di tiga kelurahan terlebih dahulu.

“Tahun ini, kita fokus di tiga kelurahan dulu. Karena itu akan menjadi indikator penilaian forum kota sehat,” ujar Erwin kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022). Baca juga: Sepanjang Juni 2022, Camat Setu Bangun 13 dari 20 Sanitasi yang Ditargetkan Ketiga kelurahan itu yaitu Kelurahan Babakan, Kelurahan Setu, dan Kelurahan Bakti Jaya. Selain menggunakan anggaran anggaran belanda daerah untuk kelurahan, ke depannya Erwin berharap akan ada bantuan juga dari pihak swasta.

“Makanya kita berusaha menyelesaikan permasalahan sanitasinya,” kata Erwin. Ia menjelaskan, pembangunan itu dilakukan untuk memenuhi salah satu indikator penilaian forum kota sehat. Pembangunan sistem sanitasi ini juga diharapkan dapat mendorong pola hidup sehat di kalangan masyarakat. “Penyebab warga terkena stunting selain gizi buruk juga karena adanya kebiasaan buang air besar sembarangan (BABS),” pungkasnya.

Sumber : https://megapolitan.kompas.com/read/2022/07/01/21322011/pembangunan-sanitasi-layak-di-setu-dilakukan-di-tiga-kelurahan-pada-tahun

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *