Pembangunan Jamban Bagi Warga Kelurahan Baciro Oleh Babinsa Koramil 03 Gondokusuman

Program Jambanisasi adalah salah satu bentuk kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan oleh Koramil di Wilayah Kodim 0734 – Yogyakarta. Program ini bertujuan untuk membantu warga masyarakat yang kurang mampu,  mengingat Jamban merupakan sarana penting dalam rumah tangga untuk mendukung terwujudnya lingkungan yang bersih  dan sehat.

Program bantuan Jambanisasi ini telah berlangsung lama yang merupakan penyediaan sarana Sanitasi Jamban Sehat Berbasis Masyarakat , selain itu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk Stop Buang Air Besar ( BAB) sembarangan.

Guna penentuan sasaran penerima bantuan jambanisasi ini sebelumnya Babinsa Kelurahan Baciro melakukan pengecekan dan pendataan di Lapangan sehingga akan tepat Sasaran. Pada kesempatan ini sasaran pembuatan Jamban yaitu di rumah milik Bapak Alfonsius Cecep Haryanto dengan alamat Jl. Tunjung Baru no 29 Rt 15/ Rw 06 Kelurahan  Baciro.

Adapun untuk teknis rangkaian sebelum pelaksanaan pembuatan Jamban diawali dengan penyerahan secara simbolis kepada pemilik rumah yaitu Bapak Alfonsius Cecep Haryanto berupa bahan yaitu Closed , Keramik , Semen , Semen Mill , Cat , Pasir dengan total nominal bantuan senilai Rp. 750.000,- ( tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Pelaksanaan pembangunan jamban membutuhkan waktu  selama kurang lebih 5 hari. Dengan dilandasi Keikhlasan serta penuh semangat ….Alhamdulillah semuanya Lancar dan Sukses….demikian disampaikan Bapak Sugeng Babinsa Kelurahan Baciro. 

Sumber : https://bacirokel.jogjakota.go.id/detail/index/382

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *