Menciptakan Senyum Bagi Anak-anak Melalui Air Bersih

Liputan6.com, Jakarta Meskipun telah banyak gedung megah pencakar langit yang mengesankan, di Indonesia masih terdapat banyak daerah yang mengalami kesulitan air bersih dan sanitasi. Bahkan di sejumlah daerah yang letaknya dekat dengan kota besar.

Padahal, air bersih dan sanitasi merupakan hal penting untuk kelangsungan hidup, terutama untuk anak-anak. Kekebalan tubuh mereka masih belum sebaik orang dewasa, maka tanpa air bersih dan sanitasi yang baik, mereka rentan terkena penyakit. Perlu diketahui, penyakit menular seperti disentri dan diare sangat mudah menular saat air bersih dan sanitasi tidak dapat terpenuhi.

Karena itu, IKEA Foundation bekerja sama dengan Water.org untuk memperluas upaya penyediaan air bersih dan sanitasi bagi satu juta orang di Indonesia dan India. IKEA Foundation memberikan bantuan senilai 12,4 juta Euro melalui Water.org guna memperluas pemberian bantuan melalui Water Credit.

Program WaterCredit membantu para keluarga mendapatkan akses pinjaman dana dalam jumlah kecil dan terjangkau sehingga mereka dapat memiliki fasilitas air bersih dan sanitasi.

“Kami melihat Water.org serius dalam menjalani program pengadaan air bersih dan sanitasi, inilah yang membuat kami berpikir bahwa mereka bisa menjadi partner yang tepat,” kata CEO IKEA Foundation Per Heggenes di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Water.org yang didirikan salah satunya oleh aktor Matt Damon merupakan lembaga yang telah membantu pengadaan air bersih dan sanitasi di daerah-daerah yang kekurangan air bersih di seluruh dunia. Lembaga itu bekerja sama dengan pihak-pihak setempat untuk memperbaiki akses air bersih dan sanitasi.

“Ketika anak-anak tersenyum karena telah memiliki akses yang mudah menuju sumber air bersih dan sanitasi artinya mereka setidaknya telah bisa berpikir untuk masa depan mereka,” ujar Heggenes.

IKEA Foundation juga selalu melakukan pengontrolan demi menjamin bantuan tersebut berkelanjutan. Heggenes mengatakan, pihaknya telah memiliki sejumlah indikator yang berfungsi untuk memastikan bantuan mereka tepat sasaran.

Sumber : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2466402/menciptakan-senyum-bagi-anak-anak-melalui-air-bersih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *