Masih Ada Jamban Apung di Cirompang Tangsel, Ketua RT: Kayaknya Enggak Dipakai

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com – Meski terletak di pinggiran ibu kota, ternyata masih ada ditemukan jamban apung di wilayah Tangerang Selatan. Tepatnya di RT 002 RW 003 Kampung Cirompang, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan. Menurut Ketua RT 002 RW 003 Rasman Regha, masih ada beberapa wilayah lainnya yang memiliki jamban apung.

Sanitasi Layak Belum Menyeluruh, Warga Cirompang Harap Pemkot Tangsel Segera Bangun Septic Tank Namun, jamban di wilayahnya tak lagi dipakai oleh warga setempat.  “Itu kayaknya enggak dipakai sih. Mungkin warga luar yang lagi mancing terus kebelet aja, bisa jadi. Di RT 006, 004, 005, RW 003 juga masih ada (jamban apung,” ujar Rasman saat dihubungi, Kamis (17/3/2022).

Ia mengeklaim seluruh warga RT 002 RW 003 sudah memiliki sanitasi berupa kamar mandi atau WC. Hanya saja, saat ini beberapa warga masih belum memiliki septic tank sendiri. “Ya saluran pembuangannya langsung ke empang atau ke kali belakang rumahnya. Karena kan lebih efektif dan efisien kayaknya,” lanjut Rasman.

Tak Memadainya Sistem Sanitasi di Kampung Cirompang Tangsel, Dulu Pakai Jamban Apung, Kini WC Tanpa Septic Tank Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan masih banyak warga Tangerang Selatan yang masih menggunakan jamban apung.

Ia menyebutkan, ada sekitar 1.700 kepala keluarga (KK) yang memiliki sanitasi pembuangan air tak layak. Dari tujuh kecamatan di Tangerang Selatan, lokasi dengan warga terbanyak yang masih menggunakan jamban “helikopter” yaitu Kecamatan Setu, yakni sekitar 420 KK. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : https://megapolitan.kompas.com/read/2022/03/17/13384421/masih-ada-jamban-apung-di-cirompang-tangsel-ketua-rt-kayaknya-enggak

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *