Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi Pemeliharaan Sanitasi dan Drainase di Sumber

Berkurangnya lahan penduduk akibat terus meningkatnya jumlah penduduk menyebabkan rumah warga saling berdempetan satu sama lain, bahkan terdapat beberapa rumah yang tidak mempunyai halaman luas untuk daerah hijau. Pada musim penghujan seperti ini, banyak air yang menggenang pada permukaan tanah. Hal ini tentu tidak baik bagi aliran air permukaan terutama ketika hujan terjadi. Selain itu, pentingnya penyehatan air untuk masyarakat masih menjadi isu prioritas utama di wilayah pasifik, termasuk negara Indonesia.

Ketika sanitasi buruk, banyak penyakit yang mengancam manusia, salah satunya diare. Dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Tahun 2022, Eva Ayu Sholihah melakukan program kerja berupa “Edukasi Pemeliharaan Sanitasi dan Drainase”. Edukasi ini ditujukan kepada bapak-bapak RT. 03 RW. 06 dan RT.03 RW. 09, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan informasi dan menyadarkan kembali masyarakat akan pentingnya menciptakan sanitasi dan drainase yang sehat pada lingkungan rumah masyarakat Sumber.

Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi Pemeliharaan Sanitasi dan Drainase di Sumber (1)
Pelaksanaan Edukasi Pemeliharaan Sanitasi dan Drainase kepada Bapak-Bapak RT 03 RW 06
Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi Pemeliharaan Sanitasi dan Drainase di Sumber (2)
Pelaksanaan Edukasi Pemeliharaan Sanitasi dan Drainase serta Penyerahan Poster kepada Bapak Ketua RT 03 RW 09

Edukasi ini dilaksanakan selama dua hari dan dua lokasi yang berbeda dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Untuk RT.03 RW 06 dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2022 , sedangkan untuk RT.03 RW.09 dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2022. Edukasi ini memberikan informasi mengenai apa itu sanitasi, memperkenalkan apa saja komponen dari sanitasi, bagaimana cara pemeliharaan sanitasi secara rutin baik harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

Selain itu juga memberikan informasi dan tata cara pemeliharaan drainase agar terhindar dari sumbatan hingga menyebabkan genangan air. Kegiatan edukasi ini diikuti dengan antusias oleh bapak-bapak RT 03 RW 06 dan RT 03 RW 09, Sumber. Pada akhir acara dilakukan penyerahan poster kepada Bapak Ketua RT 03 RW 06 dan RT 03 RW 09 yang kemudian ditempel di pos ronda. Dengan diadakannya program kegiatan ini, mahasiswa KKN Undip berharap bapak-bapak dapat memahami pentingnya memelihara sanitasi dan drainase yang sehat serta dapat menerapkannya secara rutin agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

Sumber : https://kumparan.com/evaayu35/mahasiswa-kkn-undip-lakukan-edukasi-pemeliharaan-sanitasi-dan-drainase-di-sumber-1xSb7lKtBtk/full

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *