Lewat Program Sandes, 629 KK di Depok Kini Miliki Sanitasi Layak

Salah satu septic tank yang dibangun melalui program Sandes di Kecamatan Sawangan. (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id – Pembangunan sistem pengelolaan air limbah domestik melalui program Sanitasi Perdesaan (Sandes) tahun 2021 di Kota Depok sudah rampung. Berkat bantuan tersebut, kini sebanyak 629 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 10 kelurahan, bisa memiliki sanitasi yang layak.

Kepala Bidang Permukiman, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Sukanda menjelaskan, tahun ini Kota Depok mendapat bantuan pembangunan septic tank individu dan komunal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Bantuan ini dialokasikan untuk 10 kelurahan yaitu Depok, Rangkapan Jaya, Bojongsari, Serua, Pasir Putih, Bedahan, Mekarjaya, Pangkalan Jati Baru, Cisalak Pasar, dan Duren Seribu.

“Alhamdulillah, semuanya sudah rampung 100 persen tahun kemarin. Penunjukkan 10 lokasi ini dalam rangka mengintervensi daerah stunting di Kota Depok sesuai Surat Keputusan (SK) Pak Wali Kota,” jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (06/01/22).

Sukanda menuturkan, pembangunan septic tank dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di masing-masing kelurahan. Sambungnya, tahun depan akan dibentuk Kelompok Penerima dan Pengelola (KPP) Air Limbah Domestik untuk 10 lokasi tersebut.

“Hal ini dilakukan supaya septic tank individu dan komunal yang sudah dibangun tetap terpelihara dengan baik,” terangnya.

Dia menambahkan, tugas KPP nantinya untuk memastikan sarana yang sudah dibangun pemerintah dapat terpelihara dengan baik. Termasuk, melakukan penambahan jaringan perpipaaan maupun pengoperasian septic tank komunal jika ada yang macet atau tersumbat.

Sumber : https://berita.depok.go.id/pemerintahan/lewat-program-sandes-629-kk-di-depok-kini-miliki-sanitasi-layak-9934

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *