Kuliah Pakar Jurusan Sanitasi Poltekkes Kemenkes Maluku: Analisa Kualitas Udara di Industri

Analisa Kualitas Udara di Industri” menjadi topik kuliah pakar pertama di tahun 2022 yang diadakan oleh Jurusan Sanitasi Poltekkes Kemenkes Maluku. Topik ini dipilih untuk memenuhi kompetensi pada mata kuliah inti yaitu Sanitasi Industri dan K3 serta mata kuliah Penyehatan Udara. Kuliah Pakar dilaksanakan pada Rabu, 31 Agustus 2022 pukul 10.00 WIT — 12.30 WIT. ┬áKegiatan ini berlangsung secara hybrid yang mana pakar membawakan materi secara daring sementara mahasiswa, ketua jurusan, serta moderator hadir secara langsung di Kampus Poltekkes Kemenkes Maluku untuk mengikuti kuliah pakar secara bersama-sama.

Penguji K3 Madya dari Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bandung, Waluyo, PG. Dip. Sc (OHS),M.Si diundang untuk menjadi pembicara pakar pada kegiatan ini.  Sementara Destiani Rerung Isa Sarira, S.KM yang merupakan Pranata Laboratorium Pendidikan dari Poltekkes Kemenkes Maluku menjadi moderator selama sesi materi. Kegiatan dibuka dengan pembacaan doa oleh salah satu dosen Jurusan Sanitasi, Arfan Ohorella, S.KM.,M.Kes dilanjutkan dengan opening speech dari Ketua Jurusan Sanitasi, Jumarni Ely, SKM., M.P.H, kemudian paparan materi oleh pembicara pakar, tanya-jawab, dan diakhir dengan penutup.

Kegiatan yang dihadiri sebanyak 147 mahasiswa Jurusan Sanitasi ini terselenggara dengan sangat baik. Walaupun secara daring namun pemaparan oleh pakar sangat jelas, lengkap dan detail, begitupun dengan animo dan antusiasme dari mahasiswa yang tinggi, terlihat dari banyaknya mahasiswa yang ingin bertanya namun karena keterbatasan waktu moderator mempersilahkan hanya untuk 3 pertanyaan saja. Tidak hanya oleh mahasiswa, kuliah pakar ini juga dihadiri oleh beberapa dosen dan staf jurusan serta alumni Jurusan Sanitasi secara daring.

Kegiatan kuliah pakar adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Jurusan Sanitasi Poltekkes Kemenkes Maluku setiap tahun.  Diharapkan dengan penyampaian langsung dari pakar dibidang Sanitasi Industri dan K3 serta Penyehatan Udara, mahasiswa dapat lebih memahami proses analisa kualitas udara di Industri, mulai dari pengukuran, pelaporan, monitoring hingga evaluasi.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Kuliah Pakar Jurusan Sanitasi Poltekkes Kemenkes Maluku: Analisa Kualitas Udara di Industri”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/destisarira/631eb98808a8b520ff55c529/kuliah-pakar-jurusan-sanitasi-poltekkes-kemenkes-maluku-analisa-kualitas-udara-di-industri

Kreator: Destiani Rerung Isa Sarira

Kompasiana adalah platform blog, setiap konten menjadi tanggungjawab kreator.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Sumber : https://www.kompasiana.com/destisarira/631eb98808a8b520ff55c529/kuliah-pakar-jurusan-sanitasi-poltekkes-kemenkes-maluku-analisa-kualitas-udara-di-industri

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *