Konservasi Tanah & Air

Buku yang mengupas mengenai kerusakan tanah dan air beserta solusinya ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi kalangan akademisi dan masyarakat umum untuk turut berpartisipasi dalam mengonversi tanah dan air.

Tanah dan air merupakan sumber daya alam yang mudah mengalami kerusakan. Berbagai aktivitas manusia turutmemberi andil terhadap kerusakan tanah dan air selain kerusakan yang ditimbulkan oleh alam itu sendiri. Kerusakan tanah dapat terjadi karena erosi, hilangnya unsur hara, penjenuhan tanah oleh air sedangkan rusaknya air dapat terjadi disebabkan mengeringnya mata air, menurunnya kualitas tanah, pencemaran, dan lainnya.

Tidak menutup kemungkinan kerusakan tanah dan air ini dapat dikembalikan fungsinya seperti semula yaitu dengan melakukan konservasi. Konservasi tanah bertujuan untuk memcegah erosi, memperbaiki tanah yang rusak, memelihara serta meningkatkan produktivitas tanah agar tanah dapat digunakan secara berkelanjutan. Sedangkan konservasi air pada prinsipnya adalah penggunaan air hujan yang jatuh ke tanah untuk pertanian seefisien mungkin serta mengatur waktu aliran sungai agar tidak terjadi banjir yang merusak dan disaat musim kemarau terdapat cadangan air yang memenuhi berbagai kebutuhan.

Sumber : http://www.ampl.or.id/digilib/read/65-konservasi-tanah-air/3171

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *