KONI Berencana Terapkan Sanitasi Modern di Jabodetabek

Komentar Lihat Foto Ketua KONI, Marciano Norman.(DOK.KONI) Penulis Ferril Dennys | Editor Ferril Dennys KOMPAS.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) berencana menerapkan sanitasi modern di sejumlah fasilitas olahraga yang ada di Jabodetabek. Hal tersebut disampaikan Ketua KONI, Marciano Norman, dalam peresmian “Shower Area” berbasis teknologi di rest area km 88 jalan tol Cipularang, Jumat (9/4/2021). Shower Area berbasis teknologi tersebut merupakan gagasan dari PT Jawara Bersih Nusantara (Jamban) yang berkolaborasi dengan PT Jasamarga Related Business (JMRB).

Ketua umum KONI berharap konsep sanitasi modern berbasis teknologi juga bisa diwujudkan di lokasi atau tempat sarana olahraga. Dengan adanya fasilitas sanitasi yang nyaman, yang memenuhi syarat syarat Kesehatan dan kebersihan, maka akan mendorong kegairahan berolahraga bagi olahragawan maupun masyarakat secara luas. “Yang diangkat budaya bersih. Fokusnya sanitasi yang memenuhi syarat.

Oleh karena itu jika kita bekerja bersama dengan jamban.id, kerja samanya di fasilitas-fasilitas olahraga,” kata Marciano. “Memberikan sanitasi yang seperti ini sehingga memudahkan atlet sebagai pengguna. Selain kebersihannya terjaga, kebugaran si atlet juga terjaga,” ujarnya menambahkan. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Marciano tidak memungkiri bahwa keberhasihan menjadi kendala utama masyarakat Indonesia.

“Semoga prestasi atlet juga meningkat dengan adanya teknologi ini,” jelasnya. Baca juga: KONI soal Kelanjutan PON Papua 2021: Skenario Terburuk Tanpa Penonton Dalam waktu dekat, Marciano akan bertemu dengan Provinsi DKI Jakarta dan Koni Jawa Barat untuk membicarakan penerapan sanitasi modern. “Kita akan coba terapkan sanitasi modern di fasilitas olahraga di 2 wilayah tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso menjelaskan, tempat mandi ini terintegrasi dengan platform aplikasi yang dikembangkan oleh PT Jawara Bersih Nusantara (Startup Sanitasi dengan brand “Jamban.id”). Dengan begitu, Cahyo menjelaskan, bahwa aplikasi Travoy Rilex! dapat mengakomodir kebutuhan pengguna jalan tol untuk menyegarkan tubuh sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

“Kehadiran Travoy Rilex! yang berbasis teknologi ini membawa semangat transformasi digital bagi PT JMRB, khususnya di tubuh Jasa Marga Group. Kami mencoba mengolaborasikan antara kebutuhan pengguna jalan tol dengan teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan startup. Nantinya Travoy Rilex! tidak hanya dapat ditemui di Rest Area KM 88 B Ruas Cipularang, melainkan di seluruh rest area yang dikelola oleh PT JMRB di seluruh Indonesia,” kata Cahyo.

CEO PT Jawara Bersih Nusantara (Jamban.id) Rudy Wahyu Perdana mengatakan, pengembangan Travoy Rilex! di rest area merupakan langkah yang tepat, karena bisa memaksimalkan pelayanan dengan menghadirkan fasilitas sanitasi berkualitas yang nyaman, bersih, dan aman.

Selain itu dengan terintegrasinya layanan ini dengan aplikasi Jamban, pengguna jalan tol bisa mendapat informasi mengenai letak toilet dan tempat mandi yang dikelola oleh Jamban.id dan juga fitur-fitur lainnya yang dapat memberikan kemudahan akses fasilitas sanitasi yang berkualitas.

“Kehadiran Jamban.id tidak sekadar memberikan fasilitas toilet dan kamar mandi yang bersih dan nyaman, tetapi juga penerapan cashless payment dan touchless pada pintu masuk travoy rilex!. Dan hadir pula SPORTLINK yaitu multiplatform ekosistem olahraga di Indonesia yang akan mendukung kolaborasi Shower Area berbasis teknologi di lokasi sarana olahraga di Indonesia.

Sumber : https://bola.kompas.com/read/2021/04/09/22200058/koni-berencana-terapkan-sanitasi-modern-di-jabodetabek-?page=all#page2

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *