KKN Tim II Undip: Penyuluhan tentang Sanitasi Air yang Baik dan Perilaku Hygiene (WASH ))

Air dan sanitasi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Setiap ada air minum atau air bersih maka pasti akan ada air limbah. Tidak kurang dari 85% air bersih berubah menjadi air limbah. Sebagai gambaran, apabila satu orang menggunakan 100 liter air perhari untuk minum, mandi, cuci, kakus, maka air yang dibuang menjadi air limbah sekitar 85 liter per hari. Oleh karenanya, pengelolaan air bersih akan berkaitan pula dengan pengelolaan sanitasi. Air bersih dan sanitasi yang baik merupakan elemen yang sangat penting untuk menunjang kesehatan manusia.

Pengelolaan sanitasi atau hygiene sanitasi adalah upaya kesehatan untuk mengurangi atau dapat menghilangkan faktor-faktor yang menjadi sebab terjadinya pencemaran terhadap air minum dan sarana yang digunakan untuk proses pengolahan, penyimpanan, dan pembagian air air bersih. Tujuan hygiene sanitasi adalah terlindunginya masyarakat dari potensi pengaruh buruk akibat menggunakan air yang tidak layak pakai atau minum.

Daerah plamongan sari merupakan salah satu kelurahan yang ada di wilayah semarang Jawa Tengah. Daerah ini sebagian warganya masih menggunakan air sumur untuk kegiatan sehari -hari seperti mandi cuci dan kakus. Dari hasil survey juga ditemukan beberapa warga yang menggunakan air sumur untuk keperluan memasak dan diminum padahal secara kandungan air di daerah plamongan sari ini tidak begitu layak jika dikonsumsi. Selain itu juga ditemukan beberapa sumur yang memiliki air berwarna kuning keruh dan sedikit berbau sehingga dapat dikatakan tidak layak untuk digunakan. Hal inilah yang mendorong Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Desa Plamongan Sari, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang untuk memberikan edukasi akan pentingnya sanitasi air dan hygiene.

Media yang digunakan ketika sosialisasi berupa video materi dan power point berisikan informasi mengenai Akses terhadap Layanan Air Minum dan Sanitasi Layak juga Cara Pengelolaan Sumber Daya Air secara sederhana. Sanitasi atau higiene secara sederhana adalah upaya mewujudkan dan memelihara hidup bersih dalam rangka untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan manusia. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat atau menyebarluaskan informasi mengenai pentingnya air bersih yang digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari serta sebagai salah satu usaha pencapaian UNICEF yaitu pencapaian sanitasi dan hygiene yang layak.

Dokpri
Dengan demikian harapan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat RW 09 Kelurahan Plamongan Sari Semarang akan pentingnya air bersih yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari      

Sumber : https://www.kompasiana.com/triapri0235/62f6e49908a8b515041d8f44/dorong-masyarakat-untuk-peduli-sanitasi-yang-aman-mahasiswa-kkn-tim-ii-undip-memberikan-penyuluhan-tentang-sanitasi-air-yang-baik-dan-perilaku-hygiene-wash

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *