Implementasi Hygiene dan Sanitasi Industri Pangan Untuk Mewujudkan Keamanan Pangan di Masa Pandemi Covid 19

Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (HIMATEPA UMBY)  Divisi PSDM, mengadakan Webinar Nasional tengan tema Keamanan Pangan “Implementasi Hygiene dan Sanitasi Industri Pangan Untuk Mewujudkan Keamanan Pangan di Masa Pandemi Covid 19” yang dilaksanakan pada hari Sabtu 4 Desember 2021. Acara webinar nasional ini dilakukan secara online melalui Zoom dengan narasumber, Bapak Dr.Ir Wisnu Adi Yulianto, M.P Dosen Program Studi Teknologi PHasil Pertanian sebagai narasumber pertama, Ibu Umi Fuaziah, S.Tp.M.Sc Pengawas Mutu Hasil Pertanian Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul sebagai narasumber kedua, dan Bapak Kusamiarso Budi Hidayat, S. TP Direktur PT.Dikta Madani sebagai narasumber ke tiga. Acara webinar nasional ini diikuti oleh 238 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia

Acara ini dibuka oleh Talita Alifa Nindiana, selaku MC dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia Webinar Nasional, Aloysia Louis Santoso dan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Devi Fitri Astuti kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kaprodi Teknologi Hasil Pertanian yaitu Prof. Ir. Dr. Dwi Pujimulyani, M.P dan sambutan dari Dekan Fakultas Agroindustri yaitu Ibu Ir. Warmanti Mildaryani, M.P dilanjutkan inti acara oleh moderator, Maria Tresnaning Yossi Kinanti.

Tujuan dari webinar ini adalah menjelaskan betapa pentingnya praktik hygiene dan sanitasi pangan yang tepat dalam proses produksi dan distribusi pangan olahan dimasa pandemi. Dan bertapa pentingnya penerapan praktik hygiene dan sanitasi ini untuk  mencegah dan meminimalisir risiko kontaminasi virus COVID-19 pada pangan yang kita konsumsi agar  mutu dan keamanan pangan yang kita konsumsi tetap terjamin.

Bapak Dr. Ir Wisnu Adi Yulianto menjelaskan bahwa jika makanan tidak bisa terkontaminasi dengan virus covid 19, namun jika dikaitkan dengan covid 19 maka tidak berkenan behan pangan tetapi berkenaan dengan bahan pangan melainkan beberapa faktor pangan seperti manusia, kemasan, dan benda benda pendukung lainya. Maka dari itu praktik hygiene dan sanitasi perlu untuk diperhatikan. Kita dapat mengatasinya dengan menerapkan protokol seperti be healthy be clean, clean and disinfect, social distance dan pick up and delivery, yang harus diterapkan mulai dari bagian produksi hingga sampai konsumennya.

 Ibu Umi Fuaziah, S.Tp. M.Sc menjelaskan tentang, standar penerapan hygiene dan sanitasi yang baik. Ada beberapa poin yang harus dipenuhi agar standar hygiene dan sanitasi dapat dikatakan cukup baik seperti pertimbangan lokasi dan bangunan harus tepat, fasilitas sanitasi yang baik seperti adanya sarana penyediaan air yang baik, sarana hygiene bagi karyawan maupun sarana pembuangan air dan limbah-limbah,  kebersihan mesin/peralatan dan sarana pendukung terjaga. Adanya cemaran-cemaran baik pada air maupun produk- produk yang lain bisa dilihat dengan uji laboratorium.

 Untuk Bapak Kusamiarso Budi Hidayat, S. TP memaparkan, dengan adanya pandemi covid 19 menyebabkan adanya perubahan cara berbelanja masyakarat mulai dari yang offline menjadi online. Adanya perubahan itu menyebabkan adanya  penurunan keamanan pangan yang dikarenakan kurangnya pengawasan hygiene dan sanitasi pangan pada produk. Maka dari itu langkah yang harus diambil adalah yang pertama penerapan cara produksi pangan yang baik atau CPPOB. Lalu yang kedua ada hygiene karyawan, disinveksi untuk inaktivitasi virus covid 19, dan pengolahan limbah yang aman.

Waktu webinar nasional  ini bisa dibilang cukup singkat namun isi dari materi ini sangat berbobot. meskipun dilakukan secara online, tidak mengurangi antusiasme mahasiswa yang ingin bertanya mengenai pentingnya implementasi hygiene dan sanitasi bagi industri pangan pada masa pandemi. Acara kemudian ditutup dengan pembacaan pemenang lomba desain poster digital tentang penerapan sanitasi dan hygiene pada pengolahan pangan untuk mewujudkan keamanan pangan, lomba desain poster digital tersebut juga merupakan bagian dari acara yang diselenggarakan oleh panitia untuk meramaikan acara webinar nasional kali ini.

Sumber : https://himatepa.home.blog/2021/12/05/implementasi-hygiene-dan-sanitasi-industri-pangan-untuk-mewujudkan-keamanan-pangan-di-masa-pandemi-covid-19/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *