HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG SANITASI DASAR DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGASEM, KECAMATAN DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA

Sehat merupakan hak setiap individu agar dapat melakukan segala aktivitas hidup sehari-hari. Untuk bisa hidup sehat, kita harus mempunyai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan wujud keberdayaan masyarakat yang sadar, mau dan mampu mempraktekan PHBS.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku hidup bersih dan sehat di SD Negeri Karangasem Depok, Sleman. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik sarana sanitasi dasar yang ada di SD Negeri Karangasem Depok, Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Karangasem.

Hasil analisis regeresi ganda menunjukkan nilai signifikan 0,151<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku hidup bersih dan sehat siswa SD Karangasem Kecamatan Depok Yogyakarta tentang sanitasi dasar dengan PHBS.Kondisi fisik sanitasi dasar SD Karangasem Kecamatan Depok Yogyakarta berdasarkan hasil observasi seperti air, tempat sampah, wc dan SPAL masih belum memenuhi standar fasilitas sanitasi sekolah

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1429/MENKES/SK/XII/2006 tentang pedoman penyelenggaraan kesehatan lingkungan sekolah. Sanitasi yang kurang baik akan menimbulkan berbagai penyakit seperti diare, sakit gigi, sakit kulit dan cacingan. Perilaku hidup bersih dan sehat yang baik dari siswa tidak diikuti oleh sarana sanitasi yang sesuai standar di sekolah sehingga masih banyak siswa yang sakit.

Sumber : https://journal.ity.ac.id/index.php/JRL/article/view/55

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *