Fasilitas yang Harus Dipersiapkan oleh Institusi Pendidikan Untuk Mencegah Cluster Corona, Sudahkah Kamu Mempersiapkannya?

Adanya pandemi yang sudah berjalan satu tahun lebih di Indonesia ini melahirkan banyak sekali perubahan. Semua masyarakat terpaksa untuk bisa beradaptasi agar dapat menjalankan aktivitas seperti biasa dengan bentuk “new normal”. Hal yang sama juga dilakukan oleh institusi pendidikan dalam melakukan pengajaran di era new normal. Penasaran? Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Sarana Sanitasi

Tersedianya air bersih dan mengalir merupakan hal yang menjadi kebutuhan pokok di era new normal, salah satu cara untuk menerapkannya saat sudah dilakukannya pembelajaran tatap muka adalah dengan menyediakan wastafel, baik yang sudah ada di toko bangunan ataupun wastafel buatan tangan yang semenjak masa pandemi hadir sudah banyak dijual. Selain itu juga menyediakan sabun cuci tangan dan juga hand sanitizer di beberapa tempat di dalam lingkungan sekolah.

  1. Sarana Kesehatan

Tidak hanya sarana sanitasi, pada masa pandemi perlu adanya perhatian lebih dari segi kesehatan, begitu pula dari pihak institusi pendidikan untuk meningkatkan fasilitas kesehatan seperti misalnya UKS dengan bentuk pemetaan yang sesuai dengan protokol kesehatan. Selanjutnya melakukan kegiatan rutin untuk mengecek para guru dan karyawan agar bisa melakukan Swab test atau antigen agar selalu terlacak bahwa keadaan lingkungan sekolah menjadi tempat yang aman untuk melakukan kegiatan pembelajaran tanpa perlu khawatir.

  1. Pemetaan Ruangan

Kemungkinan untuk pembelajaran tatap muka nantinya mengharuskan adanya pemetaan ruangan yang tetap harus memperhatikan 3M yaitu menjaga jarak, memakai masker dan juga mencuci tangan. Dalam praktiknya dibutuhkan ruangan dan juga fasilitas di dalam kelas yang mumpuni untuk menjalankan pembelajaran dengan memperhatikan 3M tadi. Institusi pendidikan perlu memikirkan kemungkinan yang akan terjadi jika dalam satu kelas dibatasi jumlah muridnya, sehingga sangat mungkin terjadi adanya kebutuhan untuk melakukan ekspansi ruangan kelas. Hal ini perlu diperhatikan agar sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah nantinya.

Sumber : https://danamart.id/blog/fasilitas-yang-harus-dipersiapkan-oleh-institusi-pendidikan-untuk-mencegah-cluster-corona-sudahkah-kamu-mempersiapkannya/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *