Danone Indonesia Dukung Sanitasi Baik lewat Wash at Workplace

Upaya penyediaan layanan sanitasi dan air minum layak bagi penduduk Indonesia terus ditingkatkan dalam 10 tahun terakhir. Usaha tersebut tidak lepas dari kerja bersama pelaku pembangunan di tingkat pusat, daerah, tokoh masyarakat, hingga perusahaan swasta.

Pada Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional 2017 (KSAN), Selasa 7 November 2017, salah satu perusahaan nasional Danone Indonesia ikut mendeklarasikan komitmen mereka lewat program Wash@Worksplace.

“Jadi sebenarnya ini sudah dilakukan sejak September 2017 kemarin. Kami dari Danone Indonesia mendaftarkan diri pada komitmen ini, bahwa kami akan memberikan akses bersih, sanitasi yang baik untuk pekerja unit-unit perusahaan seperti Danone Aqua, Nutricia, dan Sarihusada,” kata VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto di Hotel Le Meredien Jakarta, Selasa 7 November 2017.

Lewat komitmen Wash@Workplace, Danone Indonesia memiliki visi menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif, meningkatkan standar kesehatan dan keselamatan kerja, memenuhi hak dasar karyawan, hingga meningkatkan nilai brand perusahaan.

“Kami tentunya ingin menjadi yang terdepan dalam capaian. Bila dilakukan oleh seluruh perusahaan yang lain, itu akan menjadi role model untuk kehidupan di lingkungan sekitarnya,” ungkap Vera.

Sebelum mendeklarasikan komitmen tersebut, Danone Indonesia mengaku telah melakukan penilaian mandiri atas kesediaan akses air, sanitasi, dan kebersihan di dua lokasi kerja yaitu pabrik Aqua di Ciherang serta kantor pusat Danone Indonesia di sebuah gedung bertingkat di kawasan Jakarta Selatan.

“Sebelumnya, kami melakukan periksaan standar pada gedung yang diharapkan apakah perlu ada perbaikan dan mana tau, mereka (pihak gedung) akan melakukan hal yang sama dengan tenan lain,” jelasnya.

Hal yang menjadi perhatian lewat komitmen ini adalah sumber air minum yang dikonsumsi pekerja, sumber air yang dipakai, sistem sanitasi, jumlah dan desain toilet, hingga edukasi cara hidup sehat pada pekerja.

“Diharapkan karyawan (Danone Indonesia) yang berjumlah 12 ribu ini bisa menjadi duta di lingkungannya masing-masing,” tandasnya.

Sumber : https://www.suara.com/health/2017/11/08/153104/danone-indonesia-dukung-sanitasi-baik-lewat-wash-at-workplace

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *