Bapenas Arahkan Dana Desa Untuk Sanitasi dan Air Bersih

Pemerintah tahun ini mengalokasikan anggaran Rp 46,9 triliun, sebagai dana desa.  Dari total jumlah desa di Indonesia sebanyak 74.954 desa, terdapat 26 persen desa yang masuk kategori tertinggal. Lebih dari separuhnya berada di kawasan timur Indonesia.

Indikator desa tertinggal adalah desa yang memiliki tingkat kemiskinan tinggi, mayoritas penduduk  miskin, belum mandiri secara ekonomi pedesaan, lingkungan hidup yang tidak terkelola dengan baik dan masih kurangnya akses terhadap pelayanan dasar. Pemerintah menargetkan tahun ini 2.000 desa tertinggal naik kelas menjadi desa berkembang dan menjadi desa mandiri.

Oleh karena itu melalui dana desa yang  menjadi program prioritas pemerintah,  desa-desa diharapkan terus meningkat menjadi desa yang mandiri, desa  yang memiliki sumber daya ekonomi sendiri, seperti di sektor pertanian atau sumber ekonomi lainnya sehingga taraf kemiskinan di desa relatif kecil, serta akses pelayanan dasar sudah tersedia.

Terkait dengan pelayanan dasar Bapenas  mengusulkan kepada kementerian terkait agar dana desa tidak hanya untuk infrastruktur, tapi mengutamakan ketersediaan sanitasi dan air bersih bagi desa tertinggal, dengan asumsi sanitasi dan air bersih adalah kebutuhan dasar yang  langsung menyentuh pada level rumah tangga,  berdampak pada kesehatan, dan tenaga kerja.

Perlu digaris bawahi bahwa banyak harapan setiap kementrian yang terkait dengan dana  desa agar peruntukan dana desa sesuai dengan program yang ditargetkan masing masing kementrian , yang sebenarnya tujuannya sama sama meningkatkan kesejahteraan rakyat desa. Oleh karena itu, pemetaan prioritas peruntukan dana desa bagi tiap-tiap wilayah, tentunya sangat berperan didalam mewujudkan keinginan bersama itu.

Sudah seharusnya Bapenas mempunyai peran dalam menentukan peruntukan dana desa dan mengendalikan dana desa yang dialokasikan berdasarkan musrenbang dari tingkat paling dasar. 2 tahun kepemimpinan Jokowi – JK , Jokowi menginginkan kabinet nya bekerja cepat dalam tim yang solid dan kompak. Kabinet yang bekerja untuk rakyat , memberikan manfaat yang nyata dan dirasakan oleh rakyat.  

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *