Antisipasi Pencemarang Lingkungan, Dinkes Boltim Tingkatkan Keahlian Tenaga Sanitarian

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar Pelatihan Pemanfaatan Sanitarian Kit bagi tenaga pengelolaan program kesehatan lingkungan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Boltim.

Kegiatan yang dilaksanakan selama lebih kurang tiga hari, mulai tanggal 19 – 21 Oktober 2016 ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian para tenaga pengelola program kesehatan lingkungan yang ada di 7 Puskesmas yang tersebar di wilayah Boltim. 

Para tenaga pengelolaan program kesehatan lingkungan dari 7 puskesmas se Boltim itu mendapat pembekalan materi dari Dosen Kampus Politeknik Kesehatan Manado, di bawah naungan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dan Balai Teknis Kesehatan Lingkungan Manado.

Materi yang diberikan diantaranya tentang cara mengoperasikan sanitarian kit, seperti mampu mengukur zat – zat berbahaya dalam makanan, pemantauan kualitas air, dan mengukur kebisingan serta tingkat polusi dalam udara.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow Timur, Eko Marsidi, SKM, ME mengatakan tenaga sanitarian merupakan salah satu profesi kesehatan yang sangat penting dalam menunjang program kesehatan khususnya Program Pemerintah Kabupaten Boltim.

“Tenaga sanitarian adalah tenaga kesehatan di hulu dalam menciptakan lingkungan sehat sehingga masyarakat tidak gampang terkena penyakit,” kata Eko.

Tenaga sanitarian diharapkan mampu merumuskan serta menganalisis dampak kesehatan lingkungan di wilayah kerja Puskesmas.

“Depot Air minum sudah kita periksa, jajanan anak sekolaha kita pantau dan awasi serta industri rumah tangga,”kata dia.

Dalam sambutannya Kadis mengajak kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh – sungguh, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarkat boltim karena boltim sedang dalam tahap pembangunan sehingga harus diiringi dengan masyarakat yang sehat.

“Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di kabupaten Boltim. Harapannya membawa dampak positif khususnya kesehatan masyarakat,” tukas Silvana R Kaeng SKM, selaku Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinkes Boltim.

Sumber : https://manado.tribunnews.com/2016/10/23/antisipasi-pencemarang-lingkungan-dinkes-boltim-tingkatkan-keahlian-tenaga-sanitarian?page=1

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *