Aksi Komunitas Youth with Sanitation Concern Atasi Masalah Sanitasi di Lampung

Masalah sanitasi menjadi penting di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Sebab, kebersihan diri tetap harus terjaga agar dapat terhindar dari paparan virus Corona. Mengatasi masalah sanitasi di Lampung, Komunitas Youth with Sanitation Concern (YSC) bekerja sama dengan masyarakat pesisir Kampung Gudang Agen, Teluk Betung Selatan, Lampung untuk merehabilitasi toilet umum dan mendorong perawatannya serta mempercantik posyandu dengan mural. Dengan memperbaiki fasilitas kebersihan umum di sana, diharapkan masyarakat setempat dapat menggunakannya dengan nyaman. Tentunya, kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan pada Minggu (18/10) silam.

Sebagai respon dari adanya wabah Covid-19

Pasalnya, kegiatan ini merupakan rangkaian dari ‘Millenials Fight Covid-19‘ yang didukung oleh International Water Secretariat of the Swiss Agency for Development and Cooperation. Selain itu, aksi tersebut juga merupakan upaya pendampingan dari SNV Netherland Development Organization untuk mendorong kebiasaan cuci tangan serta penyediaan akses sanitasi yang layak bagi masyarakat pesisir Lampung.

Masih ada yang tak memiliki toilet pribadi

Kegiatan rehabilitasi toilet umum ini dilaksanakan agar masyarakat setempat dapat menghindari perilaku buang air besar sembarangan (BABS) dan bisa mengakses toilet yang bersih. Sebab faktanya, dari 4 toilet yang ada, hanya 1 yang berfungsi dengan baik. Bagi masyarakat Gudang Agen, fasilitas tersebut menjadi sangat penting karena masih ada penduduk yang tidak punya toilet pribadi. Menurut salah satu penduduk di sana, masih banyak penduduk Gudang Agen yang tak memiliki sarana prasarana kebersihan pribadi yang memadai.

Aksi Komunitas Youth with Sanitation Concern Atasi Masalah Sanitasi di Lampung (1)
Proses rehabilitasi toilet umum di Kampung Gudang Agen, Teluk Betung Selatan, Lampung. Foto: Dok. Komunitas Youth with Sanitation Concern (YSC)

Berkolaborasi dengan berbagai pihak

Dalam menjalankan kegiatan ini, YSC juga berkolaborasi dengan beberapa mahasiswa Universitas Lampung untuk membantu desain toilet yang akan diperbaiki serta pembuatan mural di Posyandu. Semua dilakukan dengan tujuan agar masyarakat Kampung Gudang Agen lebih peduli terhadap kesehatan dan lingkungan sekitar. Mural yang dilukis pada Posyandu Gudang Agen mengandung pesan agar penduduk setempat dapat secara rutin membawa anak-anaknya ke Posyandu.

Aksi Komunitas Youth with Sanitation Concern Atasi Masalah Sanitasi di Lampung (2)
Posyandu yang diperbaiki. Foto: Foto: Dok. Komunitas Youth with Sanitation Concern (YSC)

Kegiatan positif ini tentu menuai banyak respon positif dari masyarakat sekitar. Bahkan, Camat Teluk Betung Selatan, Ichwan Aji Wibowo, juga turut hadir dan ikut mengecat mural di Posyandu Gudang Agen beberapa waktu silam.Khorik istiana selaku ketua YSC berharap agar toilet yang sudah diperbaiki dapat dikelola dengan baik oleh masyarakat, sehingga mereka pun bisa lebih sehat dan produktif.”Membangun fasilitas juga harus di imbangi dengan membangun sumber daya manusianya, agar fasilitas yang sudah terbangun juga bisa dijaga dan terpellihara dengan baik. Kita juga sudah diskusi dengan warga dan mereka sepakat untuk melakukan piket dan iuran,” ujar Khorik Istiana.

Sumber : https://kumparan.com/teman-kumparan/aksi-komunitas-youth-with-sanitation-concern-atasi-masalah-sanitasi-di-lampung-1uQC4xIUhmw/full

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *