5 Upaya Menciptakan Sanitasi Air yang Baik bagi Masyarakat

Bulan November 2022, Indonesia akan melaksanakan agenda besar Presidensi G-20 Indonesia. Salah satu pembahasan penting dalam agenda besar G-20 Indonesia ialah pelestarian lingkungan. Sanitasi air menjadi salah satu hal pelestarian lingkungan yang sangat penting dilakukan saat ini. 

Program sanitasi air merupakan menjaga kelestarian air bersih di alam dari pencemaran lingkungan. Menciptakan kualitas air yang baik, tentu akan berdampak positif bagi hidup manusia. Dengan begitu, akan membuat setiap orang tumbuh kembang menjadi Sumber Daya Manusia yang unggul. 

SDM menjadi faktor penting sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi. Berhasilnya program sanitasi air, tentu akan berpengaruh positif terhadap kondisi perekonomian. Ada setidaknya lima upaya dalam menciptakan program sanitasi air yang baik.

1. Menjaga kelestarian air di alam dari ancaman limbah industri

5 Upaya Menciptakan Sanitasi Air yang Baik bagi Masyarakatilustrasi limbah industri di sungai (pexels.com/Kelly L)

Adanya sebuah pabrik merupakan hal yang positif bagi perkembangan industri. Namun, limbah yang dihasilkan juga harus dipertimbangkan demi menghindari pencemaran lingkungan.

Umumnya, limbah pabrik akan dibuang ke sungai dengan harapan akan hilang terurai bersama aliran air. Jika terjadi, tentu akan berisiko buruk bagi masyarakat yang memanfaatkan air sungai atau pun biota sungai.

Cara terbaik ialah mengolah terlebih dahulu limbah industri yang ada, agar tidak terlalu berbahaya setelah dibuang. Pemerintah juga berperan penting dalam mengawasi suatu pabrik agar tidak melanggar aturan. Sanksi tegas harus diberikan kepada siapa yang melanggar demi kebaikan bersama.

Sumber : https://www.idntimes.com/opinion/politic/rizkilutfi/menciptakan-sanitasi-air-c1c2

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *