3 Manfaat Sanitasi Lingkungan Untuk Kehidupan Yang Lebih Sehat

Sebagai warga yang baik, sobat harus ikut serta dalam menjaga lingkungan dengan baik. Menjaga lingkungan apalagi lingkungan sekitar merupakan sebuah kegiatan yang seharusnya dilakukan secara rutin untuk menciptakan sebuah lingkungan tempat tinggal dengan sanitasi yang baik. Perlu diperhatikan apabila sanitasi dari lingkungan tempat tinggal sobat tidak terjaga dengan baik, nantinya bisa mengakibatkan banyak sekali masalah, terutama masalah kesehatan loh sobat.

Sebelum Vira membahas lebih jauh soal sanitasi, alangkah lebih baik kalau kita cari tahu dulu mengenai pengertian dan jenis-jenisnya. Tak kenal maka tak sayang, betul nggak sobat? Yuk kita bahas!

Apa Sih Sanitasi Itu?

 tirto.id

Secara umum, makna dari sanitasi adalah suatu bentuk usaha manusia untuk menjamin agar kondisi lingkungan lebih sehat. Hal ini berlaku untuk lingkungan tanah, fisik, air, dan juga udara. Persyaratan dari sanitasi yang baik adalah meliputi persediaan air minum bersih dan tempat pembuangan limbah. Adanya sanitasi yang baik dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Karena dengan sanitasi yang baik, sobat bisa mengontrol faktor lingkungan fisik yang berkaitan dengan penularan rantai penyakit.

Menjaga kondisi sanitasi lingkungan adalah bentuk tindakan yang harus dilakukan dengan sengaja agar sobat terbiasa dalam melakukan kebiasaan hidup sehat dan bersih. Tujuannya adalah agar sobat dan lingkungan sekitar terhindar dari kontaminasi bahan kotor dan berbahaya. Sehingga kesehatan sobat dan lingkungan sekitar lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Macam-Macam Sanitasi

 gatra.com

Berdasarkan macamnya, ada 3 macam sanitasi yang umumnya banyak diketahui. Apa saja ya? Yuk disimak!

Sanitasi Air

Air merupakan sebuah unsur yang paling penting dalam kehidupan. Karena itu lah menjaga kondisi sanitasi air dapat berdampak sangat panjang bagi kehidupan.

Sanitasi Makanan

Sobat bisa melihat serta mengetahui berdasarkan cara bakteri tumbuh pada suatu makanan, hingga kandungan bahan kimia yang terdapat di dalam makanan tersebut. Apakah berbahaya bagi kesehatan atau tidak

Sanitasi Pengolahan Sampah

Sanitasi pengolahan sampah meliputi sistem dan tata pengelolaan sampah dan limbah yang ada.

Manfaat Sanitasi

 okezone.com

Sanitasi tidak boleh dianggap remeh ya sobat. Karena sanitasi adalah salah satu aspek penting yang harus dijaga dengan tata cara yang benar. Di bawah ini adalah beberapa manfaat sanitasi yang dapat sobat rasakan jika sobat menjaga sanitasi lingkungan dengan benar:

  • Terciptanya lingkungan yang lebih sehat, bersih, dan nyaman. Lingkungan tempat tinggal yang sehat dapat mencegah penyebaran penyakit menular sejak dini. Penularan penyakit berbahaya juga dapat ditekan secara maksimal dan juga lingkungan terhindar dari wabah yang sedang menyerang.
  • Mengurangi kemungkinan terjadinya malnutrisi yang sewaktu-waktu akan menyerang dan membahayakan bagi lingkungan.
  • Mengembalikan kondisi air di dalam tanah sehingga menjadi lebih layak untuk digunakan dan juga dikonsumsi.

Jika kita mengabaikan atau bahkan tidak peduli dengan kondisi lingkungan sekitar, seiring berjalannya waktu lingkungan sekitar kita akan memberikan dampak yang membahayakan diri kita sendiri sobat. Dampak tersebut dapat terjadi dalam waktu yang singkat atau bisa saja datang dalam waktu yang lama dan membahayakan satu lingkungan tempat tinggal. Apa saja dampak dari sanitasi lingkungan yang buruk?

Dampak dari Sanitasi Lingkungan yang Buruk

 mediaindonesia.com
  • Sanitasi yang buruk dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah Kolera. Kolera pernah menjadi epidemi di beberapa negara berkembang di kawasan Asia dan Afrika karena sistem sanitasi yang buruk. Penyakit yang satu ini bisa ditularkan dari air yang sudah terkontaminasi bakteri. Penderita kolera dapat merasakan diare parah yang akan sangat berbahaya sekali karena penderita bisa mengalami kekurangan cairan tubuh dengan sangat cepat.
  • Demam tifoid juga merupakan salah satu penyakit yang terjadi disebabkan dari kondisi sanitasi lingkungan yang buruk. Penyakit ini bisa terjadi apabila seseorang berada di lingkungan yang kotor dan sudah terinfeksi oleh bakteri salmonella typhi.
  • Penyakit lain yang disebabkan oleh sanitasi yang buruk adalah Infeksi pernafasan akut. Sebanyak 4,2 juta jiwa telah meninggal dunia setiap tahun dan 1,6 juta anak di bawah 5 tahun mengalami infeksi pernafasan akut. Penyakit ini umumnya terjadi di negara berkembang. Kondisi sanitasi lingkungan yang buruk akan berdampak pada terganggunya sistem pernapasan. Infeksi pernapasan akut sangatlah berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian dalam waktu yang cepat.
  • Penyakit yang terakhir disebabkan oleh salah satu jenis cacing pipih. Penyakit ini juga merupakan salah satu dampak dari sanitasi yang buruk, dimana penyakit ini disebabkan oleh parasit mematikan yang telah menginfeksi seseorang. Jenis cacing pipih ini dapat menembus ke dalam kulit manusia yang kemudian ditularkan lewat feses manusia yang sudah terkontaminasi.

Terwujudnya sanitasi yang baik di lingkungan sekitar dan rumah sobat adalah salah satu tanggung jawab penting yang harus dilaksanakan oleh setiap warga di sekitar lingkungan tersebut. Sobat juga bisa ikut serta dalam mewujudkan juga menerapkan sanitasi lingkungan yang baik. Kayak gimana sih contohnya? Berikut contoh dari penerapan sanitasi di lingkungan sekitar dan rumah:

1. Membuat dan Menjaga Kebersihan Saluran Air

 aurecon.co.tz

Saluran air yang baik yaitu saluran yang dapat membuat air mengalir dengan benar. Saluran air yang tidak mengalir umumnya terjadi karena tersumbat oleh sampah yang menumpuk sehingga membuat air tidak dapat mengalir dengan baik. Air yang tidak mengalir atau menggenang akan menjadi tempat untu jentik nyamuk tumbuh dan juga menjadi sarang binatang pengerat untuk tumbuh.

Sobat bisa melakukan pembersihan saluran air di lingkungan rumah tinggal secara rutin bersama warga di sekitar rumah. Saluran air yang bersih membuat air dapat mengalir secara sempurna, sehingga terciptalah sanitasi yang baik.

2. Memisahkan Sampah dan Limbah Rumah Tangga

 kanya.id

Tahu nggak sobat? Limbah rumah tangga bisa mempengaruhi kondisi sanitasi bagi lingkungan loh. Sobat bisa mulai membiasakan diri untuk memisahkan sampah basah dan kering dari aktivitas rumah tangga. Hal ini bertujuan untuk membantu menciptakan sanitasi lingkungan yang baik. Sampah basah perlu diolah dengan baik supaya menghindari bakteri dan virus untul tumbuh.

3. Lakukan Fogging atau Penyemprotan Nyamuk Demam Berdarah Secara Rutin

 klikdokter.com

Pelaksanaan penyemprotan nyamuk demam berdarah atau fogging adalah salah satu kegiatan dalam melaksanakan lingkup sanitasi, yakni pengawasan dan pengendalian serangga. Lingkungan tempat tinggal yang secara rutin melakukan penyemprotan atau fogging akan membuat populasi nyamuk aedes aegypti berkurang, sehingga tidak membahayakan lingkungan tempat tinggal serta minim resiko untuk terjangkit demam berdarah.

Itu dia rangkuman dari Vira mengenai sanitasi dan 5 manfaatnya bagi kehidupan sobat. Seram ya sobat kalau sanitasi di lingkungan sekitar kita buruk, bisa mendatangkan banyak penyakit dan juga jauh dari kata nyaman. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dari lingkungan tempat tinggal ya! Supaya sobat dan keluarga bisa terus tinggal dengan nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang bisa menjangkit kapan saja.

Sumber : https://voireproject.com/artikel/post/3-manfaat-sanitasi-lingkungan-untuk-kehidupan-yang-lebih-sehat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *