Bupati Kayong Utara, Citra Duani  menerima toren air atau bak penampung air dari manajemen PT CUS dan PT Jalin Vanio melalui Grup Artha Graha peduli yang akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di 6 Kecamatan Kayong Utara, Selasa (7/2).

Dalam hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara terus melakukan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, salah satunya diwujudkan melalui sinergi dengan perusahaan yang ada di Kabupaten Kayong Utara untuk membantu masyarakat dalam pembangunan sanitasi yang baik guna percepatan penurunan angka stunting.

“Atas usulan pemerintah daerah dalam rangka dan upaya untuk membantu masyarakat dalam penurunan angka stunting. Karena salah satunya penyebab stunting ialah  rumah-rumah tidak ada bak penampung air atau sanitasi yang baik,” ujarnya.

“Kita juga mengupayakan untuk pembangunan wc atau Septic tank dibeberapa daerah dan saluran air dari rumah ke rumah, serta dengan bantuan ini, setidaknya di musim kemarau masyarakat bisa menampung air,” sambungnya.

Dia mengungkapkan, untuk mengatasi suplai air bersih di musim kemarau, yaitu dengan terus dilakukannya pembangunan toren air berkapasitas besar dibeberapa wilayah.

“Untuk toren air yang 5 ribu liter kita juga ada dibantu, memang kita harus memerlukan beberapa toren besar supaya dibeberapa titik ada bak penampung untuk suplai air bersih di musim kemarau,” tuturnya.

“Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada general manager PT CUS dan Jalin Vanio melalui Artha Graha peduli yang telah meringankan beban pemerintah daerah dalam rangka membantu masyarakat yang kurang mampu,” pungkasnya.

Sumber : https://rakyatborneo.com/cegah-stunting-pemkab-upayakan-bangun-sanitasi/