Tingkatkan Higiene Sanitasi Di Era Pandemi, Mahasiswa UNDIP Lakukan Edukasi dan Inspeksi Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) Kawasan Pantai Karangjahe Desa Punjulharjo Rembang

Rembang (27/10) telah dilaksanakan kegiatan Edukasi dan Inspeksi Higiene Sanitasi Lingkungan Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) di Pantai Karangjahe. Kegiatan KKN-T UNDIP ini bertujuan untuk mengedukasi penjual makanan tentang pentingnya sanitasi dan dapat mendorong penjual untuk berperilaku bersih dan sehat. Sanitasi didefinikan sebagai usaha pencegahan penyakit dengan cara menghilangkan atau mengatur faktor-faktor lingkungan yang berkaitan dalam rantai perpindahan penyakit tersebut.

Sedangkan Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) merupakan tempat yang berhubungan langsung dengan kondisi luar sehingga memiliki kemungkinan sangat besar terjadi pencemaran akibat debu, asap, serangga dan tikus, sehingga perlu diadakan edukasi mengenai higiene sanitasi kepada penjual di tempat pengelolaan makanan wilayah Pantai Karangjahe.

Materi tentang Higiene Sanitasi pada TPM ini tidak hanya fokus pada kebersihan tempat pengelolaan makanan melainkan juga memperhatikan terkait bahan makanan, cara pengelolaan dan pengelola atau penjamah makanan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran penjual untuk menerapkan standar Higiene Sanitasi  agar melakukan upaya pengolahan makanan yang bersih sehingga dapat meningkatkan nilai dari makanan itu sendiri.

Penjual di Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) sangat senang dengan adanya program ini, Rini (45) salah seorang penjual mengungkapkan bahwa kegiatan ini bermanfaat  untuk dirinya dan teman-teman sesama penjual karena Beliau merasa mendapatkan informasi-informasi terkait penerapan pengelolaan makanan yang baik dan sehat yang mampu mendorong peningkatan nilai jual produk dengan tidak melupakan aspek kesehatan dari penjual itu sendiri.

Sumber : https://kkn.undip.ac.id/?p=180803

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *