Perhimpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Dukung Upaya Pencegahan Covid-19

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) melaksanakan penyemprotan disinfekfan bersama Gugus Tugas Kabupaten Magelang, Polres, Kodim 0705, DLLAJR, BNPB, Forkompincam dan Puskesmas SecangBERITAMAGELANG.ID – Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Magelang tetap sigap mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Magelang. Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pencegahan maka HAKLI Kabupaten Magelang membuka ruang Konsultasi Upaya Pencegahan COVID-19 dengan kontak person/WA : 0815 7886 5400.
Kegiatan lain juga digelar HAKLI Kabupaten Magelang di wilayah Kecamatan Secang tepatnya di Pasar Secang dan Desa Krincing, Rabu (27/5/2020). Kegiatan ini bentuk sinergitas dengan Gugus Tugas Kabupaten Magelang, Polres, Kodim 0705, DLLAJR, BNPB, Forkompincam dan Puskesmas Secang, dengan menyemprot disinfektan.
“Berdasarkan pengamatan dan analisa situasi di lingkungan masyarakat  wilayah Kabupaten Magelang tentang perkembangan Virus Corona, masih perlu mendapatkan perhatian khusus dalam upaya penanganannya baik  itu upaya pencegahan dan atau penanggulangan,” ucap Ketua HAKLI Kabupaten Magelang, Darkam, di sela giat penyemprotan disinfektan.
Hal ini dilihat dari beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Magelang ada yang masih masuk dalam zona merah, dengan dasar hal tersebut maka HAKLI Kabupaten Magelang melakukan upaya pencegahan dengan menerapkan edukasi dan imbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan.
Darkam menerangkan, HAKLI Kabupaten Magelang dalam melakukan eksekusinya di lapangan di samping tergabung dalam upaya pencegahan dengan action desinfeksi, juga melakukan sosialisasi dan edukasi tentang cara penerapan protokol kesehatan, dengan slogan Jaga Jarak, Masker, Cuci Tangan dan Vitamin (JAMASCIVIT) serta tetap tinggal di rumah.
“Personal Hygiene terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat serta kesehatan lingkungan adalah upaya penangkal penyakit berbasis lingkungan, sehingga upaya pencegahan perlu dilakukan terhadap personal dan lingklungan, jadi hygiene dan sanitasi terasa amat sangat penting, sanitarian ahlinya sanitasi,” ungkap Darkam.
Harapan HAKLI seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Magelang dalam menghadapi covid-19 ini tetap melakukan aktivitas, tidak perlu berlebihan. Namun, semua tetap waspada, melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mulai dari keluarga. Hindari keluar rumah, kerumunan yang tidak penting dan mendesak. Mari bergotong royong  melakukan upaya pencegahan covid-19.  
“Kunci utama untuk percepatan pengurangan persebaran virus corona ini adalah dengan menerapkan dan melakukan protokol kesehatan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” imbuh Darkam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *