Mahasiswa Kukerta UR Gelar Penyuluhan Sanitasi Lingkungan di Kuansing

Sebanyak 11 mahasiswa Kukerta tematik infrastruktur Universitas Riau di desa Koto Inuman, kecamatan Inuman, kabupaten Kuantan Singingi, melakukan penyuluhan sanitasi lingkungan, Ahad (28/7/2019).

Sosialisasi ini dilakukan di SDN 006 Koto Inuman yang dihadiri masyarakat dari berbagai macam kalangan. Dalam sosialisasi ini mahasiswa bekerjasama dengan pihak puskesmas dari kecamatan Inuman untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, bagaimana cara hidup bersih dan sehat.

Dalam 12 indikator keluarga yang sehat menurut program pemerintah, salah satunya keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban yang sehat, merupakan fokus dari penyuluhan yang diadakan. Alasan dari pemilihan tema ini karena mayoritas masyarakat masih menggunakan sungai sebagai tempat pembuangan tinja.

“Manfaat dari jamban yaitu untuk mencegah terjadinya penularan penyakit dan pencemaran dari kotoran manusia. Dari pembuangan tinja yang efektif bisa memutuskan mata rantai penularan penyakit, dan mencegah terkontaminasi tinja terhadap lingkungan sekitar,” ucap Riski Romanda, selaku pemateri.

Selain kegiatan penyuluhan mengenai sanitasi lingkungan, mahasiwa juga melakukan praktik pembuatan pestisida alami yang diharapkan mampu membantu masyarakat mencegah penularan hama dengan bahan-bahan yang alami. Tim Kukerta UR desa koto Inuman berharap program kerja yang dilaksanakan bisa bermanfaat dan bisa diterapkan oleh masyarakat desa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *