Lewat RISE Program, Walkot Danny Ingin Makassar Jadi Wilayah Zero Kumuh

Wali kota (Walkot) Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengadakan penanganan wilayah kumuh yang terjadi di Kota Makassar menjadi program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Pria yang akrab disapa Danny Pomanto itu mengatakan, program Revitalisasi Pemukiman Kumuh dan Lingkungannya atau Revitalising Invormal Settlements and their Environments (RISE) menjadi salah satu upaya yang digagasnya untuk mewujudkan Zero Kumuh di Makassar. “Ke depannya, kami mengusulkan replikasi infrastruktur hijau tidak hanya pada 12 lokasi di Makassar, tetapi juga dilakukan di kawasan kumuh di seluruh Kota Makassar,” ungkap Danny dalam keterangan persnya, Selasa (12/7/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Danny saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Monash University untuk melakukan pertemuan bersama Executive Committee RISE Program dalam rangka memenuhi undangan Dekan Monash Art Design and Architecture (MADA), Selasa. Sebagai informasi, RISE Program adalah sistem klaster penanganan sanitasi komunal pada kawasan kumuh yang menempatkan rawa buatan pada kawasan-kawasan tersebut.

Nantinya, rawa buatan ini akan menjadi sistem alami dalam penyelesaian lingkungan, sehingga tidak dibutuhkan lagi koneksi jaringan instalansi pengolahan air limbah (IPAL) pada kawasan tersebut. Hal itu dikarenakan, penanganan limbah grey water dan black water di lingkungan sudah terselesaikan secara alami pada setiap klaster. Kunjungi 4 Kota di Australia, Ini Kegiatan Wali Kota Makassar Lihat Foto Salah satu langkah dalam membawa Makassar menuju Zero Kumuh adalah dengan pembangunan infrastruktur hijau.

(Dok. Humas Pemkot Makassar) Menurut Danny, usulan yang diajukannya tersebut mendapat dukungan dari Kementerian Perdagangan dan Luar Negeri (DFAT) Australia dengan pembagian pembiayaan dari daerah. “Jika usulan ini nantinya diterima dan dilanjutkan, maka penanganan kawasan kumuh di Kota Makassar akan terselesaikan dan mendekati kata Zero Kumuh,” jelas Danny. Ia mengharapkan, program tersebut akan terus berkembang hingga lima tahun ke depan dengan pendampingan yang diberikan oleh Universitas Hasanuddin (Unhas).

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2022/07/12/20570041/lewat-rise-program-walkot-danny-ingin-makassar-jadi-wilayah-zero-kumuh

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *