Cegah Terpapar Virus Corona dengan Sanitasi Alat Makeup, Begini Caranya!

Cegah Terpapar Virus Corona dengan Sanitasi Alat Makeup, Begini Caranya!Ilustrasi alat makeup. (Pexels)

Membersihkan dan mensanitasi alat-alat yang kita gunakan setiap hari sangat penting supaya tidak mudah terpapar virus corona tanpa kita ketahui.

Suara.com – Cegah Terpapar Virus Corona dengan Sanitasi Alat Makeup, Begini Caranya!

Produk dan alat kosmetik bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan kuman apabila tak rajin dibersihkan. Apalagi saat ini kebersihan sedang sangat disorot untuk mencegah aneka bakteri dan virus termasuk virus corona penyebab sakit Covid-19.

Padahal membersihkan dan mensanitasi alat-alat yang kita gunakan setiap hari sangat penting supaya tidak mudah terpapar virus corona tanpa kita ketahui.

Lipstik dan maskara atau eyeliner adalah produk kosmetik yang bisa menyebabkan penyebaran virus, oleh karena itu hindari berbagi produk kosmetik untuk tetap menjaga kebersihan.

Dikutip dari Times of India, berikut cara mensanitasi alat-alat kosmetik Anda:

1. Brush dan spons

Spons makeup. (Pixabay)
Spons makeup. (Pixabay)

Pastikan selalu bahwa brush dan spons yang Anda gunakan dibersihkan dengan pembersihanya setidaknya sekali dalam seminggu. Apabila Anda tak mempunya pembersih brush, Anda bisa menggunakan sampo atau sabun cair.

Anda juga bisa menggunakan make up remover atau pembersih riasan untuk membersihkan brush Anda. Untuk spons, Anda bisa menggunakan yang sekali pakai atau membersihkan beauty blender Anda menggunakan larutan sabun.

2. Lipstik, maskara, dan eyeliner

Ilustrasi lipstik. (Pexels/kaboompics)
Ilustrasi lipstik. (Pexels/kaboompics)

Apabila Anda memiliki penyemprot disinfektan yang mengandung isopropyl alkohol untuk produk kosmetik, semprotkan pada produk-produk kosmetik seperti lipstik, maskara, dan eyeliner lalu lap dengan tisu.

Anda juga bisa menggunakan semprotan aerosol pada maskara dan eyeliner untuk sanitasi. Walau begitu, apabila produk kosmetik mata Anda sudah terkontaminasi, segera buang karena mata sangat rentan terhadap infeksi.

3. Bedak

Ilustrasi bedak. (Pexels/Venus HD Makeup and Perfume)
Ilustrasi bedak. (Pexels/Venus HD Makeup and Perfume)

Anda bisa mengorek bagian atas tempat bedak Anda, eyeshadow, atau blush on untuk memastikannya bebas kuman dan bakteri. Hindari mengorek menggunakan jari karena bisa menyebabkan kontaminasi.

selain itu aspek sanitasi harus di perhatiakan agar penyebaran virus dapat terus di tekan, sanitasi yang baik , disiplin dan taat pada aturan adalah langkah yang benar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *