Bhabinkamtibmas Polsek Klego, Briptu Muhamad Soleh Pambudi, melaksanakan giat monitoring Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali pada hari Rabu, (23/8/2023).

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan praktik sanitasi masyarakat dalam upaya mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih.

Dalam kegiatan tersebut, Briptu Muhamad Soleh Pambudi Bertugas Mendampingi petugas dari Puskesmas Klego II, yaitu Fitri Fitriana Sri Mujiati, A.Md, dan Sri Rahayu Jatiningsih, A.Md.Keb. Mereka memberikan arahan kepada masyarakat terkait aspek-aspek penting dalam sanitasi yang diterapkan secara total berbasis masyarakat.

Saluran pembuangan air limbah menjadi salah satu fokus dalam kegiatan ini. Masyarakat diajak untuk memastikan sistem pembuangan air limbah yang baik dan benar, guna mencegah kontaminasi lingkungan. Selain itu, pentingnya memiliki kamar mandi yang bersih dan sehat juga ditekankan agar penyakit-penyakit terkait sanitasi dapat diminimalisir.

Tidak hanya itu, petugas Puskesmas II Klego juga memberikan informasi tentang pengelolaan tempat sampah yang benar. Masyarakat diajak untuk mengelola sampah dengan baik guna menjaga kebersihan lingkungan. Tempat atau ruangan makan juga menjadi perhatian dalam upaya menjaga kebersihan pangan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak higienis.

Selanjutnya, pemanfaatan pekarangan rumah juga menjadi bagian dari program STBM. Masyarakat didorong untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan produktif, seperti berkebun, sehingga tidak hanya memberikan manfaat ekonomi tetapi juga menciptakan lingkungan yang asri dan sehat.

Kegiatan monitoring STBM ini berlangsung dengan aman, lancar, tertib, dan kondusif. Briptu Muhamad Soleh Pambudi bersama dengan petugas Puskesmas Klego II berharap bahwa kesadaran masyarakat terkait sanitasi akan terus meningkat, sehingga tercipta lingkungan yang lebih sehat dan berkualitas di Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego.

Sumber : https://humas.polri.go.id/2023/08/23/giat-kolaborasi-peduli-sanitasi-total-berbasis-masyarakat-oleh-bidan-desa-bersama-bhabinkamtibmas/